4 Macam Obat Penghilang Maag Salah Satunya Waisan Obat Maag

Sakit maag adalah luka terbuka di dalam lapisan perut. Sakit ini adalah sejenis tukak lambung, yang berarti berhubungan dengan asam, karena jumlah asam yang ada di perut dan kerusakan yang dapat terjadi, seringkali sangat menyakitkan. 

Penyebab paling umum dari sakit maag adalah bakteri helicobacter pylori, atau H. pylori. Ulkus juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat penghilang rasa sakit yang berlebihan, seperti aspirin (Bayer), dan antiinflamasi nonsteroid (NSAID) lainnya, seperti ibuprofen (Advil, Motrin) atau naproxen (Naprosyn).

Sakit maag diobati dengan antibiotik dan obat-obatan seperti waisan obat maag untuk mengurangi dan memblokir asam lambung. Selain rencana pengobatan yang terbukti baik ini, penelitian telah menunjukkan bahwa ada juga beberapa pengobatan rumahan alami yang mungkin berguna dalam mengatasi sakit maag.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang menambahkan makanan ini ke dalam diet Anda. 

Apa Resiko Penderita Maag?

Mengapa obat penghilang rasa sakit meningkatkan risiko masalah gastrointestinal? Bahan kimia yang sama yang memperkuat rasa sakit yang diblokir oleh beberapa obat penghilang rasa sakit juga membantu menjaga lapisan pelindung perut dan usus. Ketika obat penghilang rasa sakit menghentikan kerja bahan kimia ini, saluran pencernaan menjadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat asam lambung.

Berikut adalah ikhtisar manfaat dan risiko beberapa obat pereda nyeri populer. Ini akan membantu menyederhanakan pilihan Anda saat Anda berada di toko obat.

Ingatlah bahwa Anda tidak boleh menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas secara teratur. Jika Anda sangat kesakitan, Anda perlu berbicara dengan dokter Anda.

  1. PARASETAMOL

Tylenol, Panadol, Tempra (dan juga bahan dalam Excedrin)

Bagaimana itu bekerja. Asetaminofen bukanlah NSAID. Para ahli sebenarnya tidak yakin bagaimana cara kerjanya, tetapi tampaknya memengaruhi bahan kimia yang meningkatkan rasa sakit.

Manfaat. 

Asetaminofen mengurangi rasa sakit dan menurunkan demam. Tidak seperti aspirin dan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDS) lainnya, asetaminofen dipercaya aman untuk penderita maag. Itu tidak mempengaruhi lapisan alami perut. Karena tidak mengencerkan darah, itu juga tidak meningkatkan risiko pendarahan. Aman untuk wanita yang sedang hamil dan menyusui.

Efek samping dan resiko. 

Para ahli mengatakan bahwa asetaminofen aman untuk penderita maag. Tetapi seperti obat apa pun, itu dapat menyebabkan efek samping lain. Acetaminophen dosis sangat tinggi  melebihi dosis maksimum yang direkomendasikan 4.000 mg per hari  dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius. Penggunaan jangka panjang asetaminofen dalam dosis tinggi  terutama bila dikombinasikan dengan kafein (Excedrin) atau kodein (Tylenol dengan Codeine) dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Asetaminofen tidak mengurangi pembengkakan, seperti aspirin dan NSAID lainnya. Ini mungkin kurang membantu untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti beberapa jenis radang sendi.

  1. ASPIRIN

Bayer, Bufferin, Ecotrin (dan juga bahan dalam Excedrin)

Bagaimana itu bekerja. 

Aspirin adalah NSAID yang bersirkulasi melalui aliran darah Anda. Ini menghalangi efek bahan kimia yang meningkatkan rasa sakit.

Manfaat. 

Aspirin telah mendapatkan reputasinya sebagai “obat ajaib”. Ini meredakan rasa sakit dan menurunkan demam. Juga dapat mengurangi peradangan, yang berarti dapat mengobati gejala (nyeri) dan terkadang penyebabnya (pembengkakan).

Aspirin juga menurunkan risiko penggumpalan darah, serangan jantung, dan stroke, terutama pada orang yang berisiko tinggi mengalami masalah ini. Biasanya, hanya dosis harian yang sangat rendah 81 milligram, atau satu aspirin bayi yang direkomendasikan untuk perlindungan kardiovaskular. NSAID lain (seperti ibuprofen, ketoprofen, atau naproxen sodium), asetaminofen, dan waisan obat maag tidak memiliki efek ini. Namun, Anda tidak boleh mulai mengonsumsi aspirin setiap hari tanpa berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu.

Efek samping dan resiko. 

Aspirin dapat menyebabkan atau memperparah tukak. Jika memungkinkan, orang yang memiliki maag harus menghindarinya. Bahkan dalam dosis yang sangat rendah, aspirin dapat menyebabkan gejala gastrointestinal, seperti mulas, sakit perut, atau nyeri. Aspirin yang dilapisi atau tidak mengurangi risiko ini. Seiring waktu, bisul dapat menyebabkan pembengkakan dan penumpukan jaringan parut. Ini bisa menjadi sangat parah sehingga bisa menghalangi makanan keluar dari perut.

Aspirin bisa berbahaya bagi penderita penyakit hati, asam urat, artritis remaja, atau asma. Jarang, aspirin dapat menyebabkan telinga berdenging atau gangguan pendengaran.

Wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan aspirin, karena dapat membahayakan ibu dan menyebabkan cacat lahir. Kecuali penyedia layanan kesehatan Anda mengatakan tidak apa-apa, anak-anak dan remaja sebaiknya tidak menggunakan aspirin karena dapat membuat mereka berisiko terkena sindrom Reye.

Meskipun peradangan dapat menyebabkan rasa sakit, sering kali peradangan merupakan bagian penting dari proses penyembuhan alami tubuh. Karena aspirin dalam dosis tinggi dapat mencegah peradangan, aspirin juga dapat memperlambat pemulihan setelah cedera tertentu.

  1. IBUPROFEN

Advil, Motrin IB, Nuprin

Bagaimana itu bekerja.

Seperti semua NSAID, ibuprofen memblokir efek bahan kimia yang meningkatkan rasa sakit.

Manfaat.

Ibuprofen dapat menurunkan demam, meredakan nyeri, dan mengurangi peradangan.

Efek samping dan resiko.

Orang dengan tukak lambung sebaiknya tidak menggunakan ibuprofen kecuali penyedia layanan kesehatan mereka mengatakan itu aman. Ibuprofen dapat menyebabkan atau memperparah tukak. Ini juga menyebabkan gejala gastrointestinal lainnya, seperti mulas, sakit perut, atau nyeri. Minum alkohol saat menggunakan ibuprofen meningkatkan risiko masalah GI.

Ibuprofen juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Badan Pengawas Obat dan Makanan A.S. (FDA) sekarang mengharuskan perusahaan obat menyoroti potensi risiko ibuprofen. Penggunaan obat ini bersama dengan NSAID lain pada wanita hamil telah dikaitkan dengan cacat lahir.

Beberapa orang alergi terhadap ibuprofen dan NSAID lainnya. Dapat menyebabkan gatal-gatal dan pembengkakan pada wajah. Ini bisa berbahaya bagi beberapa orang dengan asma. Orang dengan maag harus menghindari ibuprofen jika memungkinkan. Dalam beberapa kasus, ibuprofen dapat memperlambat proses penyembuhan alami tubuh.

  1. Waisan Obat Maag

Manfaat

Sebagai antasid dan anti kembung, untuk membantu meredakan gejala yang berhubungan dengan peningkatan asam lambung.

Waisan adalah obat yang berkhasiat meredakan kelebihan asam lambung. Waisan mengandung beberapa zat aktif seperti hidrotalsit, magnesium hidroksida. dan simetikon. Kandungan hidrotalsit serta magnesium hidroksida berperan aktif untuk menurunkan kelebihan asam lambung sekaligus mengatasi perut kembung akibat produksi gas berlebih.

Sedangkan simetikon diketahui ampuh mengatasi sembelit atau masalah pencernaan lainnya. Keluhan seperti mual, muntah, dan rasa perih di perut akibat naiknya asam lambung dapat diatasi dengan Waisan obat maag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *