5 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Salah Satunya Ada Di Kolespil

kolespil

Kunyit (Curcuma longa), bumbu kuning cerah yang digunakan di seluruh Asia selama berabad-abad, dalam beberapa dekade terakhir telah dianut oleh Barat, tidak hanya karena kemampuannya untuk memuaskan nafsu makan, tetapi juga karena daftar manfaat kesehatannya yang mengesankan.

Kunyit memiliki sejarah kuno dalam penggunaan dalam masakan, pewarnaan kain, kosmetik dan pengobatan tradisional di Cina, India, dan Indonesia terdapat obat herbal kolespil.

Kunyit dan ramuannya yang kuat, memiliki berbagai manfaat kesehatan. Antioksidan berpotensi mencegah penyakit jantung, kondisi mata, dan Alzheimer. Sifat anti-inflamasi dapat membantu penderita radang sendi. Kunyit bahkan dapat mengurangi risiko atau penyebaran kanker. Kurkumin adalah senyawa berwarna kuning yang ditemukan dalam kunyit. Ternyata, senyawa dalam kunyit ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya memiliki sifat anti peradangan, antivirus, antibakteri, dan antioksidan.  

Bubuk akar kunyit berasal dari tanaman curcuma longa, sejenis jahe asli Asia Tenggara. Curcuminoids di dalamnya memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat dengan berbagai macam kegunaan dan manfaat dan efek samping yang sangat sedikit. Berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan 

  • Kurkumin dapat membantu dan mencegah diabetes tipe 2 melawan peradangan dan menjaga kadar gula tetap stabil. Sebuah penelitian yang diikuti oleh 240 orang dewasa dengan pradiabetes dengan mengonsumsi suplemen kurkumin selama 9 bulan dapat menurunkan peluang mereka terkena diabetes. 
  • Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu mekanisme di balik penuaan dan banyak penyakit. Hal ini melibatkan dari radikal bebas, molekul yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan. Radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein, atau DNA. Alasan utama mengapa antioksidan sangat bermanfaat adalah karena mereka melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Kurkumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya. Selain itu, kurkumin meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh Anda sendiri. Maka dengan cara itu, kurkumin memberikan satu-dua pukulan melawan radikal bebas. Ini memblokirnya secara langsung, kemudian merangsang pertahanan antioksidan tubuh Anda sendiri.
  • Penelitian tentang kemampuan kunyit untuk melindungi jantung Anda. Beberapa penelitian menemukan bahwa kunyit dapat menurunkan juga menurunkan kolesterol “jahat”, sementara yang lain menyimpulkan bahwa bumbu tidak berpengaruh. Para ilmuwan terus menyelidiki kemungkinan kunyit yang melindungi jantung. Satu penelitian kecil menemukan bahwa kunyit dapat membantu menangkal serangan jantung pada orang yang pernah menjalani operasi bypass. Selain itu, Kolespil obat herbal yang mengandung kunyit dapat penderita kolestrol.
  • Kurkumin Dapat Mencegah kanker karena peradangan terkait dengan pertumbuhan tumor, senyawa anti-inflamasi seperti kurkumin dapat berperan dalam mengobati dan mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, pankreas, prostat, payudara, dan lambung. Faktanya, penelitian pada tikus menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu memperlambat penyebaran sel tumor dan bahkan dapat mencegah pembentukan tumor. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk mengganggu pembentukan sel kanker pada berbagai tahap dalam siklus sel, mengganggu jalur pensinyalan sel, dan bahkan menyebabkan sel kanker tersebut mati. Apakah kurkumin dapat membantu mengobati kanker pada manusia belum ditentukan, tetapi penelitian terus dilakukan. 

Kunyit dan terutama senyawa kurkuminnya yang paling aktif memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah, seperti potensi mencegah penyakit jantung, Alzheimer, dan kanker.

Ini adalah anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat dan juga dapat membantu memperbaiki gejala depresi dan radang sendi.

Jika Anda ingin membeli suplemen kunyit atau obat herbal kolespil dengan salah satu bahan utamanya kunyit sebagai penurun kolestrol bisa cek langsung di toko.sehatQ.com. Tetapi ada baiknya cek terlebih dahulu ke dokter dan tanyakan langsung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *