5 Tips Memilih Sepatu Gunung Terbaik

Mendaki gunung menjadi salah satu hobi yang paling banyak digemari oleh mereka penyuka tantangan. Tentunya, perjalanan mendaki gunung tidak akan lengkap tanpa menggunakan sepatu gunung terbaik.

Penggunaan sepatu gunung terbaik dapat membantu mempermudah pendakian

Sepatu gunung merupakan alat paling penting saat ingin mendaki gunung. Sebab, Anda akan bertumpu lebih banyak pada kekuatan kaki sehingga penting untuk mendapatkan sepatu yang tepat dan nyaman saat digunakan.

Tips memilih sepatu gunung terbaik
Memilih sepatu gunung memang bukan perkara mudah, apalagi bagi Anda yang masih pemula. Banyak sekali yang bisa dipilih, dari ukuran hingga gaya sampai kenyamanan bisa beragam sampai Anda menemukan yang cocok dan terbaik untuk digunakan mendaki.
Berikut adalah tips untuk memilih sepatu gunung terbaik:

1. Temukan gaya

Sepatu gunung merupakan sepatu yang didesain khusus untuk mendaki. Namun tidak semua sepatu gunung bisa digunakan dalam semua jalur mendaki dan juga berpengaruh pada gaya mendaki Anda, apakah Anda kasual atau lebih suka menjelajah lebih lama seperti para backpacker. 

Oleh karena itu, pilihlah sepatu gunung yang sesuai dengan gaya Anda. Anda bisa memilih sepatu gunung boots khusus untuk mendaki gunung dan perbukitan, atau bisa memilih sepatu yang bisa digunakan untuk perjalanan mendaki yang lebih lama. 

Biasanya perbedaannya paling terlihat dari solnya, semakin tebal dan keras solnya maka semakin cocok untuk digunakan dalam penjelajahan berhari-hari dalam kondisi dan medan apapun.

2. Jangan salah pilih bahan

Dalam memilih sepatu gunung terbaik, pilihlah bahan yang tepat agar tetap nyaman saat digunakan. Misalnya seperti pilih bahan nilon dan polyester jika ingin bahan yang lebih ringan, namun di sisi lain bahan ini tidak tahan air.

Bahan kulit tanpa serat aman jika kaki Anda mudah berkeringat, namun tentu saja tidak terlau kuat dan tidak cukup tahan air. Bahan paling bagus dan memang cocok jika Anda ingin menggunakan untuk mendaki gunung dengan medan yang sedikit menantang adalah bahan kulit asli, walau di sisi lain memang sepatu gunung dengan bahan ini agak sedikit berat. 

3. Lihat potongannya

Sepatu gunung umumnya berbentuk sepatu boots, ada yang dipotong pendek (low-cut) sehingga terlihat seperti sepatu biasa, ada juga tidak terlalu tinggi (mid-cut), dan ada yang potongannya cukup tinggi seperti sepatu boots (high-cut).

Tiap potongan memberikan sokongan pada pergelangan kaki yang berbeda-beda. Semakin rendah potongannya, akan semakin ringan sepatunya namun juga membuat Anda rentan mengalami cedera pergelangan kaki karena tidak seimbang sehingga tidak cocok digunakan untuk pendakian gunung dengan medan yang menantang.

4. Jangan lupa coba ukurannya

Sepatu apapun sebaiknya Anda tetap mencoba ukurannya, mana yang nyaman dan sesuai dengan ukuran Anda itulah yang patut Anda pilih. Sepatu yang tepat akan terasa pas di bagian pergelangan kaki ke atas dan tumit tetap pada tempatnya.

Selalu coba sepatu gunung sebelum membelinya, sangat disarankan untuk mencobanya dengan menggunakan kaos kaki khusus sehingga Anda mendapatkan kenyamanan dan rasa pas yang akurat. Jika Anda pemula, tanyakan kepada penjaga toko soal kaos kaki yang cocok, teknik mengikat tali sepatu, dan sol bagian dalam agar menambah kenyamanan. 

5. Coba tes dengan dipakai

Tips memilih sepatu gunung terbaik yang terakhir adalah mencobanya dengan cara berlari. Jangan pernah langsung membuka sepatu gunung yang baru saja Anda beli dan langsung digunakan untuk mendaki.

Coba gunakan sepatu gunung Anda untuk berjalan-jalan di sekitar rumah atau melakukan kegiatan selama beberapa waktu. Cara ini akan membantu Anda untuk melihat apakah sepatu gunung ini benar-benar pas dan Anda butuhkan, dan jika tidak, Anda bisa mencoba menukarkan sepatunya kembali ke toko. 

Jangan sampai Anda sembarangan memilih sepatu gunung yang tidak sesuai dengan gaya dan tujuan Anda mendaki. Selalu utamakan kenyamanan dari sepatu gunung terbaik yang Anda pilih agar senantiasa aman saat Anda mendaki di medan apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *