Berbagai Manfaat dan Kegunaan Masker Kaki

Masker kaki pada dasarnya adalah pengelupasan kimia yang dapat membantu menghilangkan kulit kering dan pecah-pecah di kaki Anda. Berikut adalah panduan untuk menemukan yang terbaik untuk Anda.

Masker kaki dapat membantu melembapkan dan menghaluskan kulit kaki

Apa itu masker kulit kaki?

Jika ada satu bagian tubuh Anda yang paling rentan terhadap kekeringan, kemungkinan besar kaki Anda, yang menanggung beban terberat dari setiap gerakan fisik Anda. Faktanya, diperkirakan 73 persen orang Amerika menderita kulit kering, kasar, pecah-pecah, atau teriritasi di kaki mereka, menurut American Podiatric Medical Association.

Untungnya, ada solusi mudah di rumah untuk tumit dan kaki yang kering dan pecah-pecah: masker kulit kaki. Pikirkan masker ini seperti pengelupasan kimia untuk kaki Anda. Mereka memecah lapisan kulit mati di kaki Anda untuk mengungkapkan kulit baru yang sehat.

Kaki terdiri dari beberapa lapisan, dan seringkali lapisan ini bisa rusak, itulah sebabnya kita bisa berakhir dengan kulit kering, pecah-pecah, atau mengelupas serta kapalan.

Bagaimana cara kerja masker kulit kaki?

Kebanyakan masker kulit kaki menggunakan formulasi topikal yang merangsang pengelupasan kulit, Kulit ini bekerja dengan menghancurkan protein di lapisan terluar kulit, menyebabkan pengelupasan superfisial dan peningkatan pergantian sel. Kulit yang paling umum mengandung satu atau lebih asam hidroksi yang mengasamkan sel-sel kulit, membuatnya mengelupas.

Tidak semua masker kaki sama. Mereka datang dalam berbagai kekuatan yang menembus kulit ke kedalaman yang berbeda tergantung pada hasil yang diinginkan.

Semua akan lebih kuat daripada pengelupasan kimia yang Anda gunakan di wajah Anda. Epidermis telapak kaki tebal dan dapat menahan pengelupasan yang lebih kuat daripada, katakanlah, kulit wajah Anda yang lebih tipis, jadi pengelupasan kaki lebih kuat untuk mendapatkan efek yang diinginkan. 

Apa manfaat menggunakan masker kulit kaki?

Manfaat utama menggunakan masker kulit kaki adalah untuk mendapatkan kulit kaki yang lebih halus, tidak pecah-pecah, dan tidak terlalu teriritasi.

Stratum korneum, atau lapisan terluar kulit, sangat tebal di telapak kaki dan cenderung kering dan mengeras. Masker kulit kaki membantu mengelupas kulit yang tebal dan mengeras, dan masker biasanya mengandung bahan untuk menghidrasi kulit dan mengunci kelembapan.

Siapa yang harus menggunakan atau menghindari masker kulit kaki?

Meskipun Anda dapat membeli masker kulit kaki tanpa resep, bahwa siapa pun yang memiliki masalah medis mendasar, seperti diabetes atau sirkulasi yang buruk, harus berkonsultasi dengan ahli penyakit kaki atau praktisi perawatan primer sebelum mencoba jenis pengelupasan apa pun.

Alasan lain untuk melewatkan kulit asam, Anda memiliki masalah kaki seperti luka. Asam dapat meresap ke area tersebut dan tidak hanya menyebabkan rasa sakit tetapi juga kemungkinan infeksi.

Jika Anda rentan terhadap eksim atau memiliki kulit sensitif, Anda mungkin menganggap masker kulit kaki terlalu keras untuk Anda.

Asamnya bisa sangat mengiritasi kulit, mungkin menyebabkan pembengkakan dan peradangan. Ketika memilih perawatan yang tepat untuk jenis kulit Anda, tidak peduli apakah itu di rumah atau di tempat perawatan, penting untuk meneliti risiko dan manfaatnya secara menyeluruh sebelum melakukan.

Kapan waktu terbaik menggunakan masker untuk kulit ?

Sementara musim dingin adalah musim kering, kaki dan tangan pecah-pecah, keindahan ini efektif sepanjang tahun. Letakkan masker di tangan dan kaki Anda setiap kali Anda mengalami kulit kering dan kasar.

Jika menambahkan satu hal lagi ke jadwal Anda yang sudah padat sepertinya banyak yang harus dikelola, manfaatkan fakta bahwa masker untuk tangan dan kaki hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk bekerja. 

Apakah ada efek samping dari masker kulit kaki?

Penting untuk dicatat bahwa beberapa orang sensitif terhadap AHA yang ada dalam masker kaki. Potensi efek samping termasuk pembengkakan, lecet, dan kulit yang meradang. Jadi, jika Anda memiliki kulit sensitif, atau pernah mengalami reaksi buruk terhadap produk pengelupasan kimia wajah di masa lalu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau dokter kulit Anda sebelum mencoba masker kulit kaki. Anda juga tidak boleh menggunakan masker kulit kaki jika Anda memiliki luka terbuka atau luka di kaki Anda, karena mengeksposnya ke pengelupas ini akan sangat menyakitkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *