siladex batuk kering

Berbagai Pilihan Obat Siladex Batuk Berdahak dan Kering

Batuk merupakan gejala penyakit yang banyak dialami.  Gejala ini membuat banyak orang merasa perlu untuk mengobatinya karena sangat mengganggu dan terasa tidak nyaman. Ada banyak obat bebas yang bisa dibeli di apotek. Seperti Siladex batuk berdahak dan varian lainnya.

Namun, sebelum membeli obat, perlu untuk mengetahui hal-hal berikut ini agar tidak salah beli. Berikut tips atau cara memilih obat batuk.

Tips Memilih Obat Batuk di Apotek

  1. Kenali jenis batuk

Obat batuk dibedakan jadi dua jenis, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Apa perbedaannya?

  • Batuk berdahak

Batuk berdahak merupakan mekanisme tubuh mengeluarkan zat asing dari saluran pernapasan melalui dahak. Agar dahaknya bisa keluar dengan baik, perlu dibantuk dengan ekspektoran. Obat jenis ini akan merangsang terjadinya batuk sehingga dahak akan keluar.

Selain obat ekspektoran, obat jenis mukolitik juga bisa mengatasi batuk berdahak. Cara kerjanya dengan mengencerkan dahak sehingga akan mudah untuk dikeluarkan. Anda bisa memilih obat dengan kandungan ekspektoran dan mukolitik untuk mengatasi batuk berdahak.

  • Batuk kering

Berbeda dari batuk berdahak, batuk kering adalah mekanisme pengeluaran zat asing tapi tidak mengeluarkan dahak. Batuk ini harus segera dihentikan karena tidak berguna. 

Untuk menekan rangsangan batuk kering ini bisa menggunakan obat antitusif. Jadi, pilihlah obat-obat yang berlabel antitusif untuk mengatasi jenis batuk kering ini.

  1. Lihat komposisi obat

Tentu sebelum membeli obat batuk, Anda perlu membaca komposisi obat yang tertera pada label kemasan. Apakah obat tersebut ditujukan untuk batuk berdahak maupun obat untuk batuk kering. 

Perhatikan juga apakah obat tersebut cocok digunakan untuk orang seusia Anda. Apakah obat batuk tersebut untuk anak-anak atau bisa untuk dewasa.

  1. Gunakan sesuai dosis

Meskipun obat batuk bebas dijual di pasaran, namun perlu memperhatikan dosis penggunaan harus sesuai dengan yang dianjurkan. Obat yang aman digunakan tetap berpotensi bahaya jika dosis yang digunakan berlebihan. 

Obat batuk yang tepat dan sesuai dengan jenis batuk, akan mempercepat proses penyembuhannya. Tentu dengan takaran dosis yang sesuai alias tidak berlebihan.

  1. Jangan gunakan obat batuk lebih dari 7 hari

Obat batuk sebenarnya hanya bisa mengatasi gejalanya saja, bukan penyebab sebenarnya. Jika Anda mengalami batuk lebih dari 7 hari, maka mungkin Anda membutuhkan pengobatan yang lebih serius secara medis. 

Ada beberapa penyebab batuk yang perlu diwaspadai seperti asma, tuberkulosis, dan bronkitis kronik.

Pilihan Obat Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Siladex merupakan obat batuk yang menghadirkan berbagai varian untuk batuk berdahak dan batuk kering. 

Berikut berbagai pilihan obat batuk dari Siladex yang bisa Anda coba.

 – Siladex mucolytic expectorant

Obat Siladex batuk berdahak ini bisa jadi andalan untuk mengencerkan dahak dan mempermudah proses pengeluaran dahak dari tenggorokan. 

Sesuai namanya, obat Siladex batuk berdahak mengandung mukolitik dan ekspektoran. Mukolitik yang terdapat di dalamnya berupa bromheksin HCl yang akan membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan. Sedangkan guaifenesin sebagai zat ekspektoran akan membantu mengeluarkan dahak melalui batuk. 

Obat Siladex batuk berdahak ini aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak karena bebas alkohol dan tanpa gula. 

  • Siladex antitussive

Siladex antitussive adalah obat batuk kering yang efektif. Siladex antitussive ini mengandung dextromethorphan HBr yang ampuh menekan batuk langsung di pusatnya, sehingga frekuensi batuk yang dialami bisa berkurang.

  • Siladex DMP

Obat Siladex DMP ini ampuh untuk meredakan batuk kering di malam hari. Hal ini untuk membuat Anda bisa beristirahat dengan nyaman dan tidur lebih nyenyak. 

Obat ini mengandung Dextrometrophane HBr dan Diphenhydramine HCl yang ampuh untuk mengatasi batuk kering disertai alergi. Obat ini juga menimbulkan efek kantuk sehingga Anda akan tidur lebih nyenyak.

Siladex antitussive ini bebas gula dan alkohol, jadi aman dikonsumsi. Baca aturan pakai yang ada di kemasan dan sesuaikan dengan dosis agar tidak ada efek samping. 

  • Siladex cough and cold

Siladex obat batuk dan flu ini mengandung tiga bahan aktif sekaligus. Obat ini akan menekan batuk langsung di pusatnya karena mengandung Dextrometrophane HBr.

Ada juga kandungan Doxylamine Succinate yang akan meringankan batuk pilek. Serta kandungan Pseudoephedrine HCl akan melegakan hidung tersumbat. 

Referensi:

https://toko.sehatq.com/produk/siladex-batuk-berdahak-sirup-60-ml
https://www.sehatq.com/artikel/rekomendasi-obat-batuk-kering-maupun-berdahak-yang-baik-untuk-keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *