Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Pondex Forte?

Asam mefenamat atau mefenamic acid merupakan salah satu obat golongan anti-inflamasi non steroid (NSAID) yang berkhasiat untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang. Bahan aktif ini ditemukan di banyak merek obat pereda nyeri, salah satunya Pondex Forte. 

Pondex Forte merupakan obat pereda nyeri berbentuk kaplet yang setiap kapletnya mengandung asam mefenamat 500 mg. Pondex Forte lebih sering digunakan untuk mengatasi sakit gigi dan nyeri otot ringan yang kerap dialami ibu hamil. Lantas, apakah Pondex Forte aman digunakan selama kehamilan?

Mekanisme dan kegunaan Pondex Forte

Asam mefenamat dalam Pondex Forte dapat digunakan sebagai analgesik (pereda rasa sakit), anti-inflamasi (anti radang), sekaligus antipiretik (anti demam).  

Mekanisme asam mefenamat dipercaya dengan menghambat enzim siklooksigenase (COX-1 dan COX-2) atau juga dikenal dengan prostaglandin. Prostaglandin berperan dalam menghasilkan rasa sakit dan nyeri. Ketika produksi prostaglandin berkurang, maka rasa sakit pun mereda. 

Pondex Forte diindikasikan untuk mengatasi sakit atau nyeri ringan akibat sakit gigi, nyeri sendi dan otot, nyeri haid. Pondex Forte juga dapat digunakan untuk:

  • Demam
  • Menorrhagia (keluarnya darah haid dalam jumlah banyak atau berlebihan)
  • Nyeri pasca operasi
  • Sakit kepala

Dosis dan aturan pakai

Pondex Forte merupakan obat keras. Pondex Forte aman digunakan pada anak-anak usia 14 tahun ke atas dan orang dewasa sehat dengan dosis 1 kaplet sebanyak 2-3 kali sehari atau sesuai anjuran dokter. 

Apabila Anda lupa minum obat, jangan konsumsi obat dengan dosis ekstra. Mengonsumsi obat melebihi dosis yang disarankan atau meminumnya bersamaan dengan obat lain dapat meningkatkan risiko efek samping yang membahayakan. 

Amankan ibu hamil mengonsumsi Pondex Forte?

Pondex Forte boleh digunakan oleh ibu hamil setelah berkonsultasi dan penggunaannya dibolehkan oleh dokter.  FDA mengkategorikan asam mefenamat dalam Pondex Forte ke dalam kategori C yang berarti penggunaannya bagi ibu hamil dibolehkan jika manfaat obat lebih besar dari risiko yang mungkin timbul pada janin. 

Sebelum dokter memberikan Pondex Forte, dokter akan mempertimbangkan tingkat keparahan penyakit, berat dan tinggi badan, usia, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, dan kondisi kesehatan saat ini. 

Dokter juga akan melihat usia janin. Penggunaan asam mefenamat di bawah usia kehamilan ke 30 minggu akan membahayakan bayi dalam kandungan. Dokter akan lebih mengizinkan penggunaan asam mefenamat pada ibu hamil dengan usia kandungan di atas 30 minggu kehamilan namun tetap dipantau oleh dokter.

Efek samping dan risiko penggunaan Pondex Forte pada ibu hamil

Pondex Forte dapat menyebabkan efek samping berupa sakit perut, mual, muntah, kantuk, sakit kepala, diare, anemia, kehilangan nafsu makan, dan reaksi alergi. 

Ibu hamil yang menggunakan asam mefenamat dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko keguguran, komplikasi kehamilan, dan bayi cacat lahir termasuk:

  • Penutupan prematur
  • Hipertensi pulmonal persisten pada neonatus/bayi baru lahir (PPHN)
  • Oligohidramnion (cairan berkurang di sekitar bayi)

Meskipun tidak semua ibu hamil yang mengonsumsi Pondex Forte mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakan Pondex Forte. Lebih baik konsultasikan pada dokter obat-obatan yang lebih aman dan minim efek samping.

Catatan

Jika Anda diresepkan obat Pondex Forte oleh dokter, tanyakan dengan jelas mengenai dosis penggunaan, jangka waktu pemakaian, dan pantangannya. 

Penggunaan Pondex Forte hanya boleh selama 7 hari berturut-turut, namun mungkin akan berbeda jika pada ibu hamil. Tanyakan juga mengenai dosis yang terlewat dan apakah penggunaan obat bisa dihentikan tanpa berkonsultasi dengan dokter atau tidak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *