alco drop

Jangan Panik, Atasi Batuk Pilek Pada Anak dengan Alco Drops

Keceriaan sang buah hati adalah kebahagiaan bagi tiap orang tua. Pada beberapa waktu, tidak jarang keceriaan ini terenggut dan kondisi kesehatan anak mengalami penurunan seperti demam, batuk, dan pilek. 

Bagi sebagian orang tua, kondisi ini mungkin akan menjadi kekhawatiran dan panik dalam mengatasinya. Namun, batuk dan pilek adalah hal umum yang sering dialami oleh anak-anak. Anda tidak perlu panik karena kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara alami dan disertai dengan mengonsumsi Alco Drops. Sebelum mengetahui cara penanganan batuk pilek pada anak lebih lanjut, Anda dapat mengenali dulu penyebabnya.

Penyebab anak sering batuk dan pilek

Banyak hal yang menjadi penyebab anak menjadi batuk dan pilek, diantaranya:

1. Sistem kekebalan tubuh menurun

Batuk dan pilek disebabkan oleh virus yang menyerang imun tubuh. Ketika daya tahan tubuh si kecil sedang tidak terlalu bagus, virus dapat masuk dengan mudah. Orang tua tidak perlu terlalu khawatir, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan memberikan vitamin tambahan untuk membantu anak segera lekas pulih.

2. Sulit makan dan minum

Sulit makan dan minum adalah salah satu kebiasaan dari banyak anak kecil. Hal ini menyebabkan anak kekurangan nutrisi sehingga sulit makan dan minum juga dapat membuat anak terserang batuk dan pilek.

3. Terpapar oleh orang yang sedang sakit

Antara kakak dan adik sering menderita penyakit yang sama. Hal ini dikarenakan karena mereka sulit untuk dipisahkan sehingga ketika si kakak sakit maka adik akan ikut sakit, begitu pula sebaliknya. Baiknya orang tua memisahkan kakak dan adik terlebih dahulu ketika salah satunya sakit dan menghindari menggunakan alat makan yang sama.

4. Alergi

Batuk, pilek, bersin, tenggorokan sakit, serta hidung dan mata berair dapat menjadi tanda bahwa si kecil sedang mengalami alergi. Penyebab dari alergi ini juga bermacam-macam, seperti alergi debu, serbuk sari bunga, bulu binatang, kotoran, hingga makanan dan minuman tertentu. Orang tua harus memperhatikan hal-hal yang menjadi pemicu anak mengalami batuk dan pilek, karena bisa saja anak alergi dengan pemicu tersebut.

Cara mengatasi batuk dan pilek

Orang dewasa mungkin lebih mudah menahan batuk dan pilek dibandingkan anak kecil yang bisa merasa sangat menderita. Untuk mengatasi hal ini dan membuat anak menjadi lebih nyaman, para orang tua dapat mengatasi batuk dan pilek dengan cara-cara berikut:

1. Memastikan anak tetap terhidrasi

Hal penting yang harus dilakukan saat anak sakit adalah memastikan anak tetap terhidrasi. Air putih yang cukup dapat membantu anak dalam melawan penyakit. Selain itu, berikan juga beberapa buah-buahan untuk menambah cairan di dalam tubuh serta meredakan sakit pada tenggorokan.

2. Tinggikan posisi kepala saat tidur

Saat tidur dengan kondisi kepala dan tubuh sejajar dapat membuat anak semakin tidak nyaman dan memperburuk batuk dan pilek. Maka dari itu, agar anak merasa lebih nyaman Anda dapat meninggikan kepalanya saat tidur menggunakan bantal atau handuk yang digulung dan diletakkan pada kepala kasur.

3. Mengkonsumsi Alco Drops

Untuk mempercepat proses pemulihan, Anda dapat memberikan Alco drops kepada anak yang sedang mengalami batuk pilek. 

Manfaat Alco Drops

Alco drops adalah obat yang diteteskan secara oral pada anak sebelum atau sesudah makan. Obat ini mampu meringankan gejala seperti bersin-bersin, batuk, dan pilek yang disebabkan oleh infeksi virus, alergi, dan penyakit pernapasan lainnya seperti bronkitis.

Komposisi dari Alco Drops adalah mengandung pseudoephedrine Hcl sebanyak 7,5 mg pada tiap 0,8 ml obat ini. Untuk dosis pada anak-anak usia 2 hingga 5 tahun yaitu diberikan 0,8 ml sebanyak 3 kali sehari.

Efek samping Alco Drops

Seperti obat-obat lainnya, Alco Drops juga memiliki beberapa efek samping seperti:

– Mual

– Muntah

– Sulit tidur

– Pusing atau sakit kepala

– Gugup atau jantung berdebar

– Eksitasi

– Tremor

– Aritmia dan takikardia

– Sulit buang air seni

Hal-hal yang harus diperhatikan

Terdapat beberapa kondisi yang harus diperhatikan saat ingin mengkonsumsi Alco Drops. Beberapa kondisi tersebut yang disarankan untuk tidak mengonsumsi obat ini adalah:

– Hipertensi dan stroke

– Gangguan fungsi hati atau ginjal

– Hipertrofi prostat

– Hipertiroid, glaukoma, dan gangguan jantung

– Anak dibawah usia 2 tahun

– Ibu hamil dan laktasi

Untuk memastikan Alco Drops tetap aman untuk dikonsumsi, pastikan Anda menyimpannya pada suhu dibawah 30 derajat celcius dan jauh dari sinar matahari langsung. Jika terdapat petunjuk dokter saat akan mengonsumsi Alco Drops, Anda juga dapat mengikuti arahan dokter tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *