Ketahui Kebutuhan Kalori Ibu Hamil

Seperti yang Anda tahu, tubuh mengalami banyak perubahan fisik dan hormon pada saat hamil. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan bayi yang sedang berkembang di dalam janin, Anda harus membuat pilihan makanan dari berbagai sumber. Makan makanan yang sehat dengan gizi seimbang akan membantu Anda yang sedang hamil merasa lebih baik, sekaligus menyediakan semua yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Makanan yang Anda makan merupakan sumber utama nutrisi bayi, sehingga sangat penting Anda mendapatkan semua nutrisi yang didapatkan serta mengetahui kebutuhan kalori ibu hamil

Memastikan Anda memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil merupakan salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan pertumbuhan bayi di dalam janin. Apabila berat Anda normal atau rata-rata dan Anda adalah seorang yang aktif sebelum hamil, asupan kalori harian yang direkomendasikan adalah sekitar 2000 kalori setiap harinya. Berikut adalah yang perlu Anda ketahui seputar kebutuhan kalori ibu hamil. 

  • Trimester pertama. Anda mungkin tidak membutuhkan kalori tambahan pada trimester pertama. Pada masa ini, Anda perlu berfokus dalam memilih makanan bernutrisi yang dapat memberikan energi saat Anda mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. 
  • Trimester kedua. Naikkan asupan kalori harian sekitar 300 hingga 350 kali setiap harinya. Anda bisa melakukannya dengan menambahkan dua gelas susu skim atau semangkuk oatmeal. 
  • Trimester ketiga. Anda membutuhkan ekstra 500 kalori setiap harinya. 
  • Apabila Anda hamil bayi kembar. Anda membutuhkan tambahan 300 kalori per hari untuk setiap bayi yang ada di dalam kandungan. 

Tentu saja ada pengecualian tersendiri untuk formula yang tersebut di atas, misalnya apabila Anda adalah seorang remaja atau terlalu kurus. Dalam kasus tersebut, Anda membutuhkan lebih banyak kalori. Dan begitu pula sebaliknya. Apabila Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas sebelum hamil, Anda perlu mendapatkan asupan kebutuhan kalori ibu hamil yang lebih rendah. 

Bagaimana mengetahui Anda sudah mendapatkan kalori yang cukup?

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda sudah mendapatkan cukup kalori bukan dengan memantau apa yang Anda makan, melainkan melihat timbangan berat badan setiap minggunya. Apabila sebelum hamil Anda memiliki berat badan yang normal, saat hamil idealnya Anda akan mengalami penambahan berat badan sebanyak 1,3 hingga 1,8 kilogram pada trimester pertama, dengan pertambahan 0,5 kilogram setiap minggunya pada trimester kedua dan ketiga. Tentu saja angka tersebut akan bergantung pada indeks masa tubuh (BMI) pra-kehamilan dan faktor-faktor lainnya. 

  • Apabila Anda tidak memiliki pertambahan berat badan yang signifikan saat memasuki trimester kedua, ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan cukup makanan yang penting untuk kesehatan kehamilan, misalnya makanan kaya protein, makanan tinggi kalsium, makanan yang mengandung vitamin C, sayur-sayuran hijau, buah, makanan tinggi zat besi, dan lain-lain. Apabila Hal ini terjadi pada Anda, cobalah untuk menambahkan jumlah makanan setiap harinya. Jika Anda masih kesulitan menambah berat badan, hubungi dokter. 
  • Di sisi lain, apabila Anda bertambah berat badan dengan sangat cepat, berarti Anda mendapatkan lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan. Kunjungi dokter dan buat penyesuaian yang sehat. Hindari makanan olahan yang tinggi kalori namun sedikit memiliki nilai nutrisi. 

Cara terbaik dalam memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil adalah dengan mendapatkan rekomendasi dokter tentang makanan apa saja yang perlu dikonsumsi sesuai dengan kondisi Anda. Selama Anda mengikuti diet yang seimbang dan sehat setiap hari, nutrisi ibu dan janin di dalam kandungan akan tercukupi, sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *