Mengatasi Chronic Kidney Disease (CKD) dengan Nephrisol Susu

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting tubuh. Ia terletak pada bagian atas perut yang berdekatan dengan otot punggung belakang. Organ ini memiliki peran penting bagi tubuh, mulai dari mengatur sel darah merah dalam tubuh, menyaring racun, mengembalikan vitamin dan zat penting pada aliran darah, hingga menjaga kadar air dan mineral didalam tubuh. 

Saat ginjal mengalami masalah dan tidak berjalan dengan semestinya, racun yang seharusnya dibuang menumpuk pada tubuh dan dapat menyebabkan masalah ginjal kronik atau yang disebut dengan chronic kidney disease. Saat terus dibiarkan dak tak diatasi, hal tersebut mampu membahayakan nyawa penderita. 

Tahapan Chronic kidney disease (CKD):

1.  Stadium 1 (GFR > 90 ml/min)

Pada tahap ini, ginjal masih bisa berfungsi dengan baik namun sebenarnya sudah muncul beberapa tanda kerusakan ginjal yang ringan tanpa disadari. Kondisi ginjal stadium 1 masih berada di sekitar 90% sehingga tidak menimbulkan gejala parah. Hal ini bisa diketahui jika Anda melakukan tes darah atau tes urine pada tubuh.

2. Stadium 2 (GFR 60-89ml/min)

Di tahap ini gejala sudah mulai bisa dirasakan sebab ginjal mulai mengalami penurunan fungsi. Penderita akan mulai mudah mengalami kelelahan, kehilangan nafsu makan, hingga masalah tidur. 

3. Stadium 3 (GFR 30-59/min)

Pada tahap 3, ginjal dapat dikatakan mengalami kerusakan sedang. Ia mulai tak menyaring limbah, racun, dan cairan dengan baik di tahap ini sehingga mulai terdapat penumpukan racun dalam tubuh. Kondisi tubuh juga mengalami beberapa perubahan seperti kondisi tangan dan kaki yang mulai bengkak, semakin sering lelah, hingga buang air kecil yang lebih banyak atau bahkan lebih sedikit dari biasanya. 

4. Stadium 4 (GFR 15-29/min)

Ginjal mulai mengalami kerusakan berat pada stadium 4 Akan semakin banyak racun yang menumpuk di dalam tubuh akibat kerja ginjal yang semakin buruk. Saat seseorang mengidap penyakit ginjal kronik stadium 4, transplantasi ginjal mulai dianjurkan oleh dokter. 

5. Stadium 5 (GFR <15ml/min)

Di Tahap ini ginjal sudah mengalami kerusakan total dan dapat disebut gagal ginjal. Ginjal hanya berfungsi kurang dari 15% pada stadium 5. Kemudian, penumpukan limbah dan racun dalam tubuh juga dapat  membahayakan jiwa.

Hal apa yang harus dilakukan saat tubuh menunjukan tanda Chronic kidney disease (CKD)?

1. Segera periksakan ke dokter

Segera lakukan pemeriksaan pada dokter saat Anda mengalami beberapa keluhan ginjal kronik. Karena semakin dini diatasi, resiko keparahan yang terjadi juga lebih bisa diminimalisir. Baiknya, lakukan pemeriksaan rutin tiap 3-6 bulan pada dokter agar tidak terjadi keterlambatan penanganan.

2. Lakukan diet

Setidaknya Anda harus mulai mengurangi lemak, garam, dan protein secara perlahan. Hal ini akan membantu tubuh untuk lebih mengontrol tekanan darah dalam tubuh serta dapat mencegah kelebihan cairan terjadi. 

3. Stop merokok

Merokok hanya akan memperparah penyakit ginjal yang diderita. Sebab, rokok mampu memperlambat aliran darah ke organ-organ dalam dalam tubuh yang mengakibatkan penyakit ginjal yang diderita semakin parah. 

4. Tambah asupan susu

Jangan lupa untuk terus perhatikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat menambahkan Nephrisol susu karena susu ini memang diformulasikan untuk pasien penderita ginjal kronik agar dapat terus tercukupi kebutuhan nutrisinya. Berbagai manfaat susu:

– Mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh

– Pengganti makanan tambahan untuk penderita ginjal

– Mencukupi kebutuhan harian penderita penyakit ginjal kronik

Untuk mengkonsumsinya, pastikan Anda mendapat anjuran serta ketentuan dosis oleh dokter. 

5. Rutin olahraga ringan

Tak mesti olahraga berat dalam waktu yang lama setiap hari, cukup lakukan olahraga ringan seperti rutin berjalan kaki minimal 15 menit setiap harinya, berkebun, atau bersepeda di sekitar rumah Anda. Hal ini dipercaya mampu memperlambat penurunan fungsi ginjal yang terjadi pada penderita penyakit ginjal kronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *