Menjalani Prosedur Rapid Test, Apa yang Perlu Dipersiapkan? 

prosedur rapid test

Apakah Anda pernah atau akan menjalani prosedur rapid test? Tes ini merupakan upaya pemeriksaan yang cukup umum dilakukan guna mendeteksi infeksi virus corona pada seseorang.

Berbeda dengan jenis tes lainnya, rapid test bisa menunjukkan hasil dari pemeriksaan yang lebih cepat. Akan tetapi, akurasi dari hasil tes juga lebih rendah apabila dibandingkan dengan jenis tes lain.

Persiapan sebelum menjalani prosedur rapid test

Sebenarnya, rapid test adalah rangkaian pemeriksaan yang sangat mudah dan praktis. Anda tidak perlu menunggu hasil yang lama. Prosedurnya pun cukup singkat, hanya memakan waktu 10-15 menit saja. 

Meski mudah dan sederhana, Anda tetap perlu mempersiapkan diri sebelum menjalani rapid test. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan:

  • Kenali kondisi kesehatan pribadi

Ketika akan melakukan prosedur rapid test, petugas medis mungkin akan mengajukan sejumlah pertanyaan terlebih dahulu kepada Anda. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menentukan apakah Anda bisa melakukan tes.

Beberapa pertanyaan yang diajukan umumnya merupakan pertanyaan kesehatan dasar. Anda akan ditanya apakah sedang menderita demam atau batuk, kemampuan bernapas, serta pertanyaan seputar kontak dengan pasien lain yang terinfeksi Covid-19.

  • Lokasi tes

Saat ini, sudah ada banyak sekali fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan rapid test bagi masyarakat umum. Anda bisa dengan mudah mencarinya di dekat tempat tinggal Anda.

Akan lebih mudah lagi kalau Anda memanfaatkan aplikasi online untuk mencari fasilitas kesehatan terdekat yang menyediakan rapid test. Pilihlah tempat melakukan rapid test yang dekat dan berfasilitas lengkap.

  • Prosedur rapid test

Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa prosedur yang akan Anda lalui ketika melakukan tes. Tidak perlu khawatir, karena prosedurnya sangat singkat.

Petugas medis akan mengambil sampel darah dari ujung jari Anda. Kemudian, darah tersebut akan diteteskan ke alat rapid test dan dicampurkan dengan cairan khusus. Cairan itu bekerja dengan mendeteksi keberadaan antibodi.

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu 10-15 menit. Hasilnya akan tampak pada alat rapid test tersebut.

  • Langkah setelah menjalani pemeriksaan

Apabila hasil tes menunjukkan hasil yang negatif, maka Anda bisa langsung melanjutkan aktivitas Anda atau memilih untuk pulang ke rumah. Tetapi ingatlah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas.

Sementara, apabila hasil tes menunjukkan bahwa Anda positif terinfeksi, Anda dianjurkan untuk langsung melakukan isolasi mandiri apabila gejala masih bisa ditangani.

Jika gejala sudah sangat parah, Anda bisa berobat ke rumah sakit atau ke fasilitas kesehatan lainnya yang melayani pasien Covid-19. 

Cara kerja rapid test

Prosedur rapid test memiliki cara kerja yang berbeda dengan prosedur pemeriksaan lainnya. Tes ini akan mendeteksi antibodi yang terbentuk di dalam tubuh Anda guna melawan infeksi virus corona.

Apabila antibodi terdeteksi, maka hasil rapid test akan menunjukkan bahwa Anda positif terinfeksi. Antibodi ini tidak bisa langsung dideteksi melalui rapid test. Karena, antibodi umumnya memerlukan waktu beberapa minggu untuk bisa terbentuk sepenuhnya dan bisa dideteksi.

Akurasi rapid test cukup tinggi, meski tidak lebih tinggi dari prosedur pemeriksaan lainnya. Kepastian hasil test ditentukan oleh antibodi di tubuh Anda. 

Apabila Anda melakukan tes sebelum antibodi terbentuk, bisa saja prosedur rapid test menunjukkan hasil negatif meski Anda sebenarnya sudah terpapar oleh virus. Jadi, Anda juga tetap perlu mewaspadai gejala meski sudah melakukan tes. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *