Makanan dan Minuman Penyebab Keguguran 

Saat Anda hamil, tubuh Anda mengalami banyak perubahan dengan sangat cepat, jadi Anda pasti ingin memberikan dan mendapatkan yang terbaik untuk Anda dan bayi Anda. Namun ternyata tahukah Anda bahwa ada beberapa minuman yang berbahaya dan harus dihindari saat Anda hamil? Hal ini demi keselamatan Anda dan bayi Anda, karena ternyata ada beberapa minuman penyebab keguguran.

Kehamilan bisa menyebabkan wanita menginginkan jenis makanan dan minuman tertentu. Namun, penting bagi wanita untuk memperhatikan pantangan makanan dan minuman, terutama selama kehamilan. Hal Ini karena pola makan dan gaya hidup memiliki peran utama dalam menentukan kesehatan ibu dan anak.


Wanita pada umumnya disarankan untuk memantau apa yang mereka makan atau minum karena beberapa minuman dapat berdampak buruk pada kesehatan anak baik karena jenis minuman itu sendiri atau karena kandungan yang ada dalam minuman tersebut. Berikut minuman yang perlu dihindari dan bisa menjadi penyebab keguguran:

  • Alkohol

Minuman ini adalah salah satu minuman dengan ketentuan paling tinggi dalam daftar yang perlu Anda hindari. Anda disarankan untuk menghindari minuman beralkohol yang berbahaya agar Anda dan bayi Anda tetap aman dan sehat. Minum alkohol saat hamil dapat menjadi penyebab keguguran, lahir mati, dan gangguan sindrom alkohol janin, serangkaian disabilitas fisik, intelektual, dan perilaku yang mempengaruhi bayi sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, wanita sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol saat hamil.

  • Kafein

Jika Anda sedang hamil, Anda masih bisa bangun dengan secangkir kopi, tetapi batasi hanya 12 ons sehari. 200 mg kafein adalah jumlah maksimal yang aman dikonsumsi orang hamil setiap hari. Karena janin tidak dapat memetabolisme kafein dalam jumlah yang sama seperti tubuh Anda, jadi sebaiknya jaga asupan kafein seminimal mungkin. Ketahuilah bahwa kafein dapat bersembunyi di dalam es teh, minuman ringan, coklat, dan bahkan es krim kopi. Periksa kadar kafein di beberapa sumber ini untuk memastikan Anda menjaga asupan di bawah 200 mg.

  1. Kopi seduh, 8 oz. | 95 – 165 mg
  2. Kopi seduh, tanpa kafein, 8 oz. | 2 – 5 mg
  3. Espresso, 1 ons. | 47 – 64 mg
  4. Latte, 8 oz. | 63 – 126 mg
  5. Diet Coke (32 oz) 124 mg
  6. Coca-Cola (32 oz) 92 mg
  7. Cokelat Baker (1 oz) 26 mg
  8. Teh hijau (6 oz) 40 mg
  9. Teh hitam (6 oz) 45 mg

Selain minuman, ada juga makanan yang bisa menjadi penyebab keguguran seperti:

  • Daging

Alasan utama untuk berhati-hati saat makan daging adalah karena beberapa jenis dapat menjadi tuan rumah bakteri yang sangat berbahaya yang disebut Listeria. Bakteri ini sangat berbahaya bagi calon ibu dan janin dan dapat menyebabkan keguguran jika tertular.

  • Keju

Keju juga menjadi makanan yang perlu dihindari selama kehamilan. Jenis keju yang sebaiknya dihindari adalah feta, Brie, Camembert, blue cheese, queso fresco, queso blanco, dan panela. Keju ini, meski lezat, dianggap makanan berbahaya selama kehamilan karena dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi. Susu yang tidak dipasteurisasi belum dipanaskan untuk membunuh semua bakteri, seperti Listeria atau E. coli, yang mungkin hidup di dalamnya.

Masih ada beberapa daftar makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab keguguran. Meskipun terlihat banyak pantangan, tetapi ada banyak makanan dan minuman aman yang dapat dinikmati wanita hamil. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai asupan makanan dan minuman yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *