9 Bahan Alami Pereda Faringitis Tanpa Sp Troches

9 Bahan Alami Pereda Faringitis Tanpa Sp Troches

Mengalami masalah radang tenggorokan atau faringitis memang tidak menyenangkan karena menyebabkan Anda sulit menelan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengisap tablet sp troches yang terdiri dari dua rasa, stroberi dan melon.

Namun yang jadi pertanyaan bagaimana jika tablet tersebut tidak ada dan tidak tersedia di apotek?

Jangan khawatir Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai alternatif. Apalagi bahan-bahan alami ini mudah didapatkan. Apa saja itu? Yuk, simak di bawah ini!

1. Air garam

Manfaatkan garam dapur yang biasa Anda gunakan sehari-hari untuk memasak lalu campurkan dengan segelas air.

Air garam disebut efektif membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan, melonggarkan lendir, serta mengurangi rasa sakit yang diderita dari radang.

2. Madu

Dianggap sebagai bahan alami segala obat, madu mempunyai sifat antibakteri yang mampu membunuh dan menghilangkan bakteri, serta mencegah bakteri datang lagi.

Selain itu, madu dapat menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh radang tenggorokan. Untuk mendapatkan hasilnya campurkanlah madu sebanyak 2 sendok teh ke dalam air hangat lalu minum sesuai kebutuhan.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah jangan berikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun, dan sebaiknya gunakan madu alami untuk hasil yang terbaik.

3. Lemon

Ada keuntungan ganda yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan lemon sebagai salah satu bahan alami tanpa harus menggunakan sp troches.

Keuntungan yang pertama lemon mempunyai sifat antibakteri yang dapat membunuh dan menghancurkan bakteri.

Keuntungan kedua adalah lemon mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk daya tahan dan kekebalan tubuh terutama di masa pandemi Covid-19. Untuk menggunakan cara ini campurkan satu sendok teh lemon dengan air hangat, dan segera minum.

4. Saus pedas

Anda tidak salah melihat jika saus pedas bisa digunakan sebagai bahan alami pembasmi radang tenggorokan.

Kedengarannya cukup janggal namun ternyata capsaicin yang terdapat dalam saus mampu meredakan radang tenggorokan yang Anda derita setelah di awal-awal Anda merasakan sensasi terbakar.

5. Teh herbal

Anda bisa menggunakan banyak teh herbal untuk masalah radang tenggorokan yang Anda derita.

Teh hijau dan teh cengkih mempunyai sifat antiperadangan sehingga dapat melegakan tenggorokan.

Teh raspberi, kamomil, dan peppermint dapat mengurangi rasa sakit dan menghilangkan peradangan.

Bahkan, kamomil dapat melumaskan tenggorokan saat Anda mengalami serak. Jangan lupa saat memilih teh perhatikan kadar kafeinnya, dan usahakan minum tanpa gula.

6. Air soda kue

Selain berkumur dengan air garam, Anda ternyata juga bisa berkumur dengan air soda kue. Larutan yang dicampur dengan garam ini juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan serta membunuh bakteri dan mencegah jamur tumbuh.

Untuk mendapatkan khasiatnya, berkumurlah dengan komposisi secangkir air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam.

7. Kelabat

Atau nama internasionalnya fenugreek merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai manfaat kesehatan pada bijinya.

Biji tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai teh yang dapat mengobati sakit tenggorokan. Selain itu, fenugreek juga mempunyai sifat antiradang yang dapat menghilangkan bakteri penyebab radang.

8. Akar marshmallow

Akar tanaman ini mempunyai lendir yang dapat melapisi dan meredakan sakit tenggorokan. Cukup tambahkan saja akar marshmallow kering ke dalam air mendidih untuk dijadikan teh. Kemudian seruputlah teh 2-3 kali sehari untuk efektivitas.

9. Akar kayu manis

Akar kayu manis sudah lama sekali digunakan sebagai obat alami pereda radang tenggorokan tanpa harus konsumsi sp troches. Akar ini akan efektif jika dikumurkan dengan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *