Tes Kehamilan dan Test Pack Andalan

Biasanya Anda tahu bahwa Anda sedang hamil dengan melihat beberapa gejala umum kehamilan. Jika Anda mengalami gejala kehamilan apapun, Anda bisa menggunakan test pack andalan atau mengunjungi dokter untuk mengonfirmasi kehamilan. Namun, biasanya Anda akan mendapatkan hasil yang akurat dari test pack andalan sehari setelah Anda melewatkan menstruasi. Namun, akan lebih baik apabila Anda menunggu sekitar satu minggu setelah menstruasi terlewat guna memastikan Anda mendapatkan hasil paling akurat saat menggunakan test pack andalan. 

Andalan Test Pack  harga terbaik 5453

Home pregnancy test (HPT)

Ada beberapa jenis tes kehamilan, dengan yang paling sering digunakan adalah test pack andalan. Ini adalah salah satu jenis tes kehamilan yang bisa Anda gunakan di rumah (home pregnancy test) yang dapat digunakan pada hari pertama Anda melewatkan menstruasi. Bahkan beberapa tes yang lebih sensitif dapat digunakan lebih dini. Tes jenis ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon chorionic gonadotropin manusia (hCG) di dalam air seni Anda. Hormon ini hanya akan ditemukan di tubuh pada saat seseorang hamil. Zat kimia yang ada pada alat test pack andalan akan berubah warna ketika melakukan kontak langsung dengan hormon ini. Waktu menunggu hingga hasil muncul akan bergantung pada tes tersebut, namun kebanyakan produk test pack andalan akan memakan waktu sekitar 10 menit untuk memberikan hasil pembacaan yang akurat. 

Kebanyakan produsen alat test pack andalan HPT untuk menggunakan alat ini dua kali, karena hasil dapat berbeda apabila Anda menggunakannya terlalu dini setelah masa menstruasi terlewat pertama Anda. Dalam beberapa kasus, level hCG masih sangat rendah untuk dapat dideteksi oleh alat test pack andalan. HPT memiliki tingkat keakurasian dan harga yang bervariasi, tergantung merek. Test pack andalan merupakan alat yang akurat apabila digunakan dengan benar. Namun, ada kemungkinan alat ini memberikan hasil negatif palsu, yang mana akan terjadi ketika Anda hamil namun alat tes memberikan hasil negatif. Jika Anda melewatkan masa menstruasi dan tidak kembali setelah beberapa hari, ulangi tes atau periksakan diri ke dokter. 

Tes air seni klinis

Anda bisa mendapatkan tes air seni klinis di kantor dokter. Tes ini tidak lebih akurat dibandingkan dengan HPT test pack andalan. Namun, dokter dapat mampu menyingkirkan kesalahan yang dapat memengaruhi tingkat keakuratan test pack. Namun, tergantung dengan asuransi kesehatan Anda, tes air seni klinis mungkin akan lebih mahal dibandingkan dengan HPT biasa. Hasil dari tes urin klinis bervariasi tergantung pada fasilitas medis yang Anda kunjungi. Namun, biasanya Anda bisa mendapatkan hasil tes ini dalam waktu kurang dari satu minggu. 

Tes darah

Tes ini dilakukan di ruang dokter. Laboratorium akan menguji darah Anda untuk mendeteksi hCG. Ada dua jenis tes darah kehamilan, yaitu tes darah hCG kualitatif dan tes darah hCG kuantitatif. Tes kualitatif akan memeriksa apakah hCG diproduksi oleh tubuh, sementara tes kuantitatif mengukur level hCG di dalam darah. Jika level hCG lebih tinggi atau lebih rendah dari yang diharapkan berdasarkan seberapa lama Anda telah hamil, dokter dapat melakukan pemeriksaan atau tes tambahan. Mereka dapat melakukan tes ultrasound atau mengulang tes hCG dalam beberapa hari. Penyebab utama level hCG tampak tidak normal adalah tidak yakin kapan waktu hamil Anda berawal. Umumnya, hanya menggunakan test pack andalan sudah cukup untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak. Namun, apabila Anda kurang yakin, kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan tes yang lebih akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *