5 Kesalahan Saat Memakai Test Pack Sensitif

Saat ini memeriksa kehamilan menjadi lebih mudah setelah adanya test pack. Wanita yang mencurigai dirinya hamil atau tidak akan menggunakan alat sederhana ini. Salah satu merk yang sering digunakan dan akurat adalah test pack sensitif

Walaupun sangat mudah digunakan, tetapi dalam penggunaannya banyak yang belum memahami sehingga terjadi ketidakakuratan dalam hasil. Bila Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka simak beberapa kesalahan yang sering terjadi di bawah ini.

1. Terlalu awal melakukan tes 

Tidak mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan setelah sel telur dibuahi menjadi penyebab utama wanita melakukan tes kehamilan menggunakan test pack. 

Hasil positif atau negatif akan ditentukan oleh hormon hCG. Bila hormon hCG sudah mencapai tingkat tertentu di dalam urine wanita, barulah test pack akan mengeluarkan hasil positif. Namun, tingkat hCG pada setiap wanita yang hamil berbeda-beda. 

Setelah banyaknya inovasi pada test pack sensitif, membuat alat sederhana ini semakin mudah digunakan. Beberapa jenis test pack menjadi lebih sensitif mendeteksi hCG di dalam urine. Maka, tunggulah setidaknya tujuh hari setelah berhubungan intim sebelum menggunakan test pack.

Namun, bila Anda meyakini bahwa Anda sedang hamil, tetapi hasil test pack menunjukkan negatif, jangan putus asa. Anda dapat mencobanya kembali setelah beberapa waktu. Maka dari itu, lebih baik menunggu kadar hCG terkumpul di dalam urine terlebih dahulu sebelum melakukan tes kehamilan menggunakan test pack sensitif.

2. Terlalu cepat membaca hasil

Akibat terlalu penasaran dan ingin cepat-cepat membaca hasil, wanita menjadi tidak sabar dan membaca hasil secara tidak teliti dan berasumsi tidak hamil bila garis kedua tidak langsung muncul. Padahal, pada petunjuk penggunaan sudah dijelaskan waktu bahwa hasil test pack sensitif akan keluar setelah beberapa saat.

Tunggulah sekitar 2 – 5 menit untuk mengetahui hasil test pack yang sesungguhnya. Hal ini dikarenakan test pack sedang memproses urin yang sedang berjalan. Jendela indikator pada test pack mungkin menunjukkan dua garis atau tanda plus, namun jangan terburu-buru mengambil kesimpulan karena bisa saja ini hanya tanda bahwa test pack sensitif sedang bekerja. Jadi Anda diharuskan untuk sabar hingga batas waktu yang sudah dicantumkan. 

3. Terlalu lama membaca hasil tes

Bila terlalu cepat membaca hasil tes memungkinkan adanya kesalahan, begitu pula sebaliknya. Biasanya hal ini sering terjadi karena Anda bosan dalam menunggu proses test pack sehingga meninggalkannya dan melanjutkan aktivitas lain. Lalu, Anda baru teringat kembali setelah ditinggalkan terlalu lama. Hal ini juga membuat Anda membaca hasil test pack menjadi tidak akurat.

Test pack sensitif akan bekerja 2 – 5 menit untuk memproses dan mengeluarkan hasil yang sesungguhnya. Lewat dari waktu itu, test pack masih terus bekerja dan bisa saja akan mengubah hasil dari yang sebelumnya. Bila ini terjadi, Anda dapat mengulang penggunaan test pack dengan yang baru.

4. Hanya sekali melakukan tes

Jika test pack menunjukkan hasil negatif, tetapi Anda sudah merasakan tanda-tanda kehamilan, seperti menstruasi tak kunjung datang, rasa mual dan tidak enak badan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan test kembali. 

Hasil negatif pada tes pertama bisa jadi karena kadar hCG di dalam urine belum terlalu banyak sehingga tidak terdeteksi oleh test pack sensitif. Maka dari itu, perlu dilakukan tes kehamilan lebih dari sekali untuk meyakinkan apakah Anda sedang hamil atau tidak.

5. Tidak mengecek di waktu yang tepat

Selain menunggu kadar hCG dalam urine, pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan juga tak kalah penting. Sebab, untuk melakukan tes ini diperlukan adanya urine. Maka dari itu, Anda harus menggunakan urine dengan konsentrasi paling banyak untuk mendapatkan hasil test pack sensitif yang akurat.

Biasanya urine tersebut adalah urine sesaat setelah bangun tidur. Jadi, itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan test pack sensitif sehingga tidak memberikan hasil yang akurat. Hindari lima kesalahan tersebut, dan jangan lupa untuk membaca panduan yang sudah dicantumkan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *