5 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Diet bukan hanya sekedar menjaga asupan makan, tapi juga diimbangi dengan olahraga yang sehat. Sayangnya banyak orang gagal berdiet karena tidak bisa menahan godaan mata, terkadang rasa malas muncul dan mempengaruhi kita untuk melewati jadwal olahraga yang sudah tersusun rapi. 

Aplikasi diet yang bagus

Untungnya dengan kemudahan teknologi, kamu bisa mengunduh aplikasi diet di smartphone untuk membantumu mencapai body goals yang diidam-idamkan.

Rekomendasi aplikasi diet terbaik di smartphone

Berikut ini 5 rekomendasi aplikasi diet gratis yang bisa diunduh di smartphone:

  1. Calorie Counter by MyFitnessPal

MyFitnessPal merupakan salah satu aplikasi diet yang termasuk dalam Editor’s Choice by Google Play Store. Aplikasi ini memungkinkanmu melacak dan menghitung besaran kalori dari makanan yang kamu makan. Untuk makanan kemasan, kamu cukup scan barcode pada kemasan untuk mendapatkan penghitungan kalori yang tepat. 

Aplikasi diet ini juga menawarkan berbagai resep dan plan diet yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa memantau progress diet kamu.

  1. Yummly Recipes & Cooking Tools

Agar tidak membosankan, kamu harus bisa mengolah bahan makanan menjadi makanan sehat yang sesuai dengan dietmu. Yummly Recipes & Cooking Tools adalah aplikasi untuk membantumu merencanakan menu makanan yang sesuai dengan dietmu. Terdapat lebih dari 100 resep makanan sehat dari koki ternama yang bisa kamu pelajari dan ikuti di rumah. 

Aplikasi ini juga membantu mengorganisir belanjaanmu sehingga tidak ada bahan masakan yang terbuang percuma, cocok untukmu yang sibuk atau pelupa.  

  1. Freeletics Training Coach – Bodyweight Fitness

Freeletics Training Coach menyediakan exercise plan dengan latihan interval intensitas tinggi (High-Intensity Interval Training/HIIT).yang sangat cocok bagi kamu yang ingin membakar lemak dan membentuk otot. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam video latihan dari pelatih profesional yang akan menuntunmu dalam berolahraga.

Sebelum memulai, kamu akan diminta untuk memasukkan tinggi badan dan berat badan terlebih dahulu. Selanjutnya kamu bisa memilih tujuan olahragamu. Nantinya, sesi pelatihan akan disesuaikan dengan data-data tersebut. 

  1. Noom

Noom adalah aplikasi penurun berat badan dengan pendekatan berbasi psikologis. Aplikasi ini membantumu memiliki pemikiran lebih positif sehingga terhindar dari stress dan perilaku makan berlebih akibat stress. 

Selanjutnya, Noom akan membantu melacak berat badan, makanan yang kamu makan, juga dilengkapi dengan pilihan olahraga serta pengukuran tekanan darah dan kadar gula darah.

  1. Smart Fasting: Intermittent Fasting, Lose Weight

Puasa intermiten diklaim sebagai salah satu cara pintar menurunkan berat badan tanpa bersusah payah menghitung kalori yang dimakan. Bagi pelaku diet intermittent fasting, aplikasi ini dijamin akan sangat membantumu. 

Smart Fasting dilengkapi dengan stopwatch untuk membantu melacak waktu puasa, dan diet plan untuk menyusun menu makanan apa yang harus dimakan. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan water tracker sebagai pengingat minum air, exercise plan, dan progress tracking.  

Rahasia diet sukses 

Tujuan diet bukan hanya sekedar menurunkan berat badan atau mencapai bentuk tubuh impian, tapi juga untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar. 

Meski dengan panduan aplikasi diet, kamu masih bisa berisiko menjalani diet yang tidak sehat. Sebelum mulai melakukan diet, berikut ini beberapa tips dan konsep yang harus kamu pahami:

  • Jangan lewatkan sarapan. Melewatkan sarapan tidak bisa membantumu menurunkan berat badan, tapi bisa membuatmu lebih lapar dan ngemil makanan yang tidak sehat. 
  • Makanlah secara teratur sesuai dengan menu dietmu. Hal ini membantu membakar kalori lebih banyak dan mengurangi godaan untuk ngemil.
  • Jangan abaikan lemak sehat. Lemak sehat tidak akan membuat berat badanmu naik, tapi justru membantu menurunkan berat badan lebih cepat. 
  • Nikmati makananmu. Makan sambil menonton TV atau bermain gadget mencegahmu dari rasa kenyang. 
  • Makan makanan berserat tinggi. Makanan tinggi serat seperti buah, sayur, dan gandum membuatmu kenyang lebih lama.
  • Perbanyak minum air putih. Terkadang rasa haus bisa disalah artikan sebagai rasa lapar. Kekurangan cairan juga dapat menyebabkan dehidrasi sehingga dietmu terganggu. 
  • Berkonsultasi. Ada banyak jenis diet, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk memilih jenis diet yang sesuai denganmu. 

Catatan

Mengunduh aplikasi diet memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai pengingat bahwa kamu sedang berdiet. Terlepas dari itu, kamu juga membutuhkan tekad yang sangat kuat agar bisa konsisten dan mencapai tujuan dietmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *