6 Cara Menghilangkan Mata Lebam Akibat Benturan

Ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan mata lebam. Salah satunya adalah saat mengalami benturan di kepala atau wajah di area mata. 

Mata lebam ini terjadi saat area mata mengalami memar karena perdarahan di bawah kulit. Sebenarnya kondisi lebam ini bisa sembuh sendiri seiring berjalannya waktu jika terjadi akibat benturan. 

Namun, cairan yang menumpuk di area bawah kulit tersebut bisa membuat mata jadi sulit terbuka. Hal ini juga bisa membuat penglihatan jadi kabur untuk sementara waktu. 

Pengobatan Mata Lebam

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pada sebagian besar kasus, mata lebam yang mirip memar umumnya tidak menyebabkan masalah yang berat. Akan tetapi, Anda tentu perlu memeriksakan kondisi mata Anda yang lebam pada ahli mata profesional. 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengukur tingkat keparahan mata lebam yang dialami. Berikut gejala mata lebam parah yang perlu mendapat penanganan medis.

  • Aliran darah dari hidung atay telinga
  • Darah ada di dalam mata
  • Mengalami pusing, pingsang, atau hilang kesadaran
  • Adanya perubahan pada penglihatan, seperti penglihatan kabur, penglihatan ganda, hingga hilangnya penglihatan
  • Mengalami muntah
  • Muncul kilatan cahaya atau floater
  • Tidak bisa menggerakkan mata
  • Terasa nyeri berat
  • Adanya perubahan perilaku
  • Sakit kepala yang menetap
  • Memar di area sekeliling mata
  • Muncul tanda-tanda infeksi, berupa panas, nanah, kemerahan, atau demam
  • Terjadi pembengkakan berlebihan yang tidak berhubungan dengan cedera.

Mata yang lebam namun ringan bisa diobati dengan pengobatan rumahan. Seperti memberikan kompres dingin sesegera mungkin setelah mengalami cedera.

Selain menggunakan kacang polong beku atau es batu, bisa juga dengan mendinginkan sendok besi, lalu bagian punggungnya ditempel ke area memar. 

Lakukan kompres dingin selama 15-20 menit dan bisa diulangi setiap jam. Hal ini bisa membantu membatasi besarnya pembengkakan. 

Jika terasa nyeri ringan, bisa diatasi dengan obat analgesik yang bisa dibeli di apotek seperti parasetamol. Namun, jangan mengonsumsi aspirin karena bisa membuat mata lebam semakin parah.

Cara Menghilangkan Mata Lebam

Sebenarnya kondisi mata lebam akan membaik sendiri setelah beberapa minggu. Namun, selama masa penyembuhan ini, penting sekali melindungi mata dari kerusakan yang semakin parah dengan menjauhi aktivitas yang berisiko menyebabkan cedera lainnya.

Meski tidak ada pengobatan instan untuk kondisi mata lebam ini, namun ada beberapa cara yang bisa membantu proses penyembuhan agar lebih cepat, yaitu:

1. Mulai dengan melakukan kompres dingin

Kompres dingin bisa dilakukan dengan menggunakan sekantong kacang polong beku. Menggunakan kacang polong beku ini lebih baik dari pada penggunaan es batu karena dapat mengikuti lekukan wajah. Atau bisa juga dengan menggunakan sendok dingin atau metode lainnya. 

Tujuan dari kompres dingin ini adalah untuk menurunkan suhu area di sekitar mata setelah cedera di 24 jam pertama.

2. Lanjut menggunakan kompres hangat

Setelah menggunakan kompres dingin selama 1-2 hari pertama setelah cedera, lalu lanjutkan dengan kompres hangat. Kompres hangat ya, bukan panas.

Cobalah secara perlahan di area mata yang mengalami lebam. Ini berguna untuk meningkatkan aliran darah ke area tersebut sehingga membantu penyembuhan.

3. Pijat lembut area yang memar

Memberikan pijatan lembut dan halus di sekeliling memar juga bisa dilakukan setelah beberapa hari terjadi cedera. Ingat ya, area yang dipijit bukan pada mata lebam, tapi cukup di sekeliling memarnya. 

Hal ini akan membantu mengaktifkan sistem limfatik yang terdapat di sekitar memar sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

4. Mengkonsumsi vitamin C

Vitamin C bermanfaat mencegah agar kulit tidak mudah memar. Cara kerjanya adalah dengan memperkuat pembuluh darah, serta mengurangi kecenderungan untuk pecah karena trauma benda tumpul.

Vitamin C juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan lebam pada mata.

5. Mengonsumsi nanas

Nenas terkenal mengandung campuran enzim yang mengurangi inflamasi serta mempercepat penyembuhan. Selain itu, buah nanas juga membantu meredakan mata bengkak lebih cepat.

6. Ekstrak bilberry

Bilberry merupakan kerabat dari blueberry dan cranberry. Bilberry ini terkenal mengandung antioksidan yang kuat sehingga bisa membantu mengurangi bahkan menghilangkan memar. 

Selain itu, ekstrak bilberry ini juga bermanfaat meningkatkan efektivitas vitamn C dan memperkuat fungsi kapiler.

Cara Mencegah Agar Mata Tidak Lebam

Jika tidak ingin mata lebam, maka Ada perlu menggunakan pelindung mata seperti selalu menggunakan kacamata keselamatan, kacamata olahraga, hingga headgear pelindung. Hal ini akan melindungi mata dan wajah Anda dari risiko bahaya.

Pastikan benda-benda di rumah dalam posisi yang aman agar tidak terjadi cedera yang berpotensi menyebabkan mata lebam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *