Anjuran ideal Minum Air Putih untuk Kesehatan

air minum

Membiasakan diri untuk menerapkan gaya hidup sehat memang tidak mudah bagi kebanyakan orang, meskipun tak dipungkiri jika hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Salah satunya ketika harus memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari, setidaknya mengurangi dampak buruk dari kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji maupun mie instan.

Menang terdengar klise, namun banyak orang pasti sudah memahami jika setidaknya tubuh mereka memerlukan air putih sebanyak delapan gelas dalam sehari atau setara 1,5 liter. Walaupun hingga saat ini belum banyak bukti ilmiah yang mendukung anjuran tersebut, rekomendasi lainnya bahkan menyatakan jika konsumsi perempuan dan laki-laki berada dalam jumlah berbeda.

Konsumsi Air Minum

Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, perempuan sebenarnya memerlukan 2,6 liter air selama setiap hari dan sementara laki-laki butuh sekitar 3,7 liter setiap harinya. Kebutuhan ini bisa terpenuhi tak hanya dari konsumsi air putih, tetapi cairan yang berasal dari sup, minuman ringan hingga buah dan sayuran yang mengandung air, berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

  • Minum Setelah Bangun Tidur

Konsumsi air putih setiap bangun tidur, setidaknya satu sampai dua gelas setiap harinya karena dapat membantu mengisi ulang cairan yang hilang ketika beristirahat selama tujuh sampai delapan jam. Selain itu juga membantu proses metabolisme tubuh dan membuang racun dari dalam tubuh.

  • Sebelum Makan

Minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan, karena membantu melancarkan proses pencernaan. Namun juga perlu diperhatikan jumlahnya, cukup satu atau dua gelas karena jika berlebihan bisa mengganggu proses pelarutan makanan dan fungsi enzim yang diperlukan saluran pencernaan saat mencerna makanan.

  • Minum saat Lelah

Lebih dari 60 persen fungsi tubuh bergantung pada air, termasuk otak dan sistem saraf, dampak kekurangan air bisa membuat tubuh merasa lelah. Selain itu juga menyebabkan kehilangan konsentrasi, sakit kepala, depresi, kesulitan tidur hingga berbagai macam gangguan kesehatan lainnya.

  • Minum Sesudah Olahraga

Berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang bakal menyita banyak energi dari dalam tubuh, kondisi ini membuat seseorang membutuhkan cairan sebagai pengganti. Mengonsumsi air putih setelah berolahraga juga mencegah seseorang mengalami dehidrasi dan meningkatkan kekuatan otot tubuh, sangat disarankan meminum air putih sebelum dan sesudah olahraga.

  • Minum Sebelum Tidur

Tujuannya adalah untuk mengembalikan energi yang telah terkuras dengan aktivitas sepanjang hari, langkah sederhana ini sangat berdampak baik bagi tubuh. Mengonsumsi air putih sebelum tidur juga diklaim dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak, disarankan untuk meminum sebanyak satu sampai dua gelas 30 menit sebelum tidur.

  • Tidak Berlebihan

Kekurangan cairan tentu dapat mengganggu fungsi organ tubuh, meski begitu kelebihan cairan juga berdampak buruk bagi tubuh. Seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan, seperti keracunan air atau hiponatremia karena kadar natrium dalam aliran darah menurun sebagai dampak kelebihan air.

Dalam kasus yang lebih parah, overhidrasi air minum dapat menyebabkan tubuh mengalami kejang dan koma hingga bahkan berujung pada kematian. Seseorang yang mengalami keadaan ini akan merasakan gejala berupa sakit kepala, kram otot, mual, muntah dan diare. Kondisi ini diakibatkan karena ginjal menampung begitu banyak air.

Selain itu mengonsumsi air putih berlebih juga bisa membuat konsentrasi garam dalam darah berkurang, hal ini bisa menyebabkan munculnya pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Inilah pentingnya mengetahui waktu yang tepat dalam mengonsumsi air dan tidak asal dalam dosis mengonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *