Apa Itu Scaling Gigi dan Serba-serbi Perawatan Gigi Tersebut

penghapusan kalkulus gigi - dental scaling potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sumber foto: istockphoto.com

“Tahukah Anda apa itu scaling gigi? Scaling gigi merupakan istilah yang merujuk pada pembersihan karang gigi. Sebelum Anda melakukan scaling gigi, simaklah beberapa serba-serbi mengenai perawatan gigi yang satu ini.”

Memiliki gigi yang sehat dan bersih akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Namun, jika Anda hanya melakukan perawatan dengan menggosok gigi itu tidaklah cukup. Dokter gigi menyarankan untuk melakukan beberapa perawatan gigi lainnya yang bisa Anda lakukan secara rutin, salah satunya scaling gigi.

Apa itu scaling gigi?

Scaling gigi merupakan salah satu perawatan gigi dengan prosedur pembersihan karang gigi dengan menggunakan bantuan alat ultrasonic scaler.

Karang gigi sendiri merupakan tumpukan plak yang menempel dan mengeras di permukaan gigi. Dengan adanya karang gigi ini maka membuat tampilann gigi Anda menjadi tidak terawat, sebab plak gigi ini berawarna kuning hingga kehitaman.

Jadi, setelah Anda mengetahui apa itu scaling gigi dan ingin melakukan perawatan tersebut, perhatikan terlebih dahulu serba-serbi mengenai scaling gigi di bawah ini.

Mitos dan fakta tentang scaling gigi

Tidak dipungkiri, banyak mitos yang beredar mengenai scaling gigi di masyarakat. Sehingga tak jarang banyak orang tidak jadi melakukan perawatan gigi karena beberapa mitos ini.

  1. Scaling menyebabkan gigi menjadi renggang

Faktanya, pembersihan plak gigi ini tidak akan membuat gigi Anda menjadi renggang. Ruang yang terbentuk setelah perawatan disebabkan karena karang gigi yang telah dibersihkan. Ruang tersebut akan menutup dengan sendirinya setelah gusi sembuh dan dirawat dengan baik.

  1. Scaling akan membuat gigi menjadi lebih tipis

Faktanya, alat yang bekerja dengan getaran ini tidak akan mengikis lapisan gigi karena scaler atau alat sacling ini hanya akan menyentuh karang gigi saja.

  1. Scaling menyebabkan gigi sensitif

Faktanya, jika terdapat banyak plak gigi di permukaan gigi dan gusi, maka akan mengakibatkan adanya penurunan gusi, di mana hal tersebut bisa menyebabkan permukaan gigi akar gigi menjadi terpapar dan terasa menjadi lebih sensitif.

Jadi, scaling gigi diperlukan agar membersihkan karang tersebut dan membuat gigi tidak lagi menajdi sensitif.

  1. Scaling membuat gigi putih 

Faktanya, seperti yang Anda ketahui mengenai apa itu scaling gigi yang tujuan utamanya menghilangkan karang gigi dan noda yang menempel di permukaan gigi yang tidak bisa hilang jika hanya dengan menyikat gigi. Sehingga, perawatan ini tidak membuat gigi Anda menjadi putih. Jika Anda ingin memutihkan gigi, Anda bisa mencoba bleaching atau veneer.

  1. Tidak perlu melakukan scaling jika sudah menyikat gigi dua kali sehari

Rutin menyikat gigi tidak akan menjamin Anda akan terhindar dari karang gigi. Oleh karena itu, Anda perlu rutin melakukan scaling gigi setiap 6 bulan sekali agar keindahan gigi Anda tetap terjaga.

Nah, setelah mengetahui apa itu scaling gigi dan mitos mengenai hal tersebut, Anda juga perlu melakukan hal yang dianjurkan untuk dilakukan pada sebelum dan sesudah melakukan perawatan gigi ini.

Apa saja yang perlu dilakukan saat melakukan scaling gigi?

Persiapan sebelum scaling

Setelah Anda memahami apa itu scaling gigi dan telah melakukan janji pertemuan dengan dokter, maka lakukanlah hal-hal berikut ini:

  • Makan dan minum yang cukup agar tidak lapar selama proses perawatan
  • Menyikat dan membersihkan gigi
  • Menghentikan mengonsumsi sesuatu sesaat sebelum melakukan scaling
  • Beritahu dokter bila Anda memiliki alergi terhadap obat-obat tertentu
  • Beritahu jika Anda memiliki riwayat penyakit, terutama yang berkaitan dengan jantung atau transplantasi organ dalam.

Persiapan setelah scaling

Setelah proses pembersihan gigi selesai, Anda biisa melakukan aktivitas seperti biasanya, namun perhatikanlah hal ini setelah melakukan scaling.

  • Hindarilah mengonsumsi apapun selama 30 – 60 menit ke depan
  • Pilih makanan dengan tekstur yang lembut 
  • Menyikat gigi dengan lembut minimal 2 kali sehari, yakni pagi dan malam
  • Menggunakan pasta gigi khusus perawatan setelah scaling
  • Melakukan flossing gigi agar kebersihan gigi dan mulut tetap terjaga
  • Hentikan kebiasaan yang bisa menimbulkan plak gigi, seperti merokok, dan lainnya
  • Rutin melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali.

Jadi, itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan scaling gigi, mulai dari apa itu scaling gigi hingga persiapan sebelum dan sesudah perawatan gigi tersebut dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *