puting datar

Begini Cara Menyusui Jika Memiliki Puting Datar

Setiap wanita memiliki bentuk puting yang berbeda-beda. Terkadang, ada wanita yang memilik bentuk puting datar. Pada sebagian orang, kondisi ini mungkin akan menghambat ketika akan menyusui bayi.

Supaya proses menyusui tetap berjalan lancar, Anda harus mengetahui teknik menyusui yang tepat bagi pemilik puting yang tidak menonjol. Dengan begitu, bayi Anda bisa menyusui dengan posisi yang lebih nyaman dan aliran ASI yang keluar pun tidak menjadi terhambat. 

Mengatasi puting datar saat menyusui

Apabila Anda mengalami kondisi puting yang terlalu datar, Anda bisa mencoba menyusui dengan memanfaatkan beberapa alat, seperti: 

  • Pompa payudara

Pompa payudara atau breast pump sering digunakan oleh ibu menyusui untuk memompa payudara mereka. Tujuannya agar puting dapat terangsang dan tertarik keluar, sehingga lebih siap untuk mengeluarkan ASI. 

Ada pompa payudara yang bersifat manual dan ada juga yang elektrk. Pompa payudara yang manual memiliki harga yang lebih terjangkau, namun akan lebih sulit untuk digunakan dalam menarik puting dibandingkan dengan pompa yang elektrik.

  • Memompa dengan tangan

Selain dengan alat pompa payudara khusus, Anda juga bisa memompa payudara dengan tangan ketika memiliki kondisi puting datar. Ini baik dilakukan apabila payudara sudah sangat penuh oleh susu sehingga puting terasa keras dan tidak rata. 

Memompa dengan tangan bisa membuat payudara sedikit lebih lembut, sehingga bayi bisa menyusui dengan lebih mudah. Ketika memompa, pastikan posisi tangan Anda membentuk huruf C agar bisa menangkup payudara dengan benar. 

  • Menarik payudara ke belakang

Apabila puting yang datar terasa sangat mengganggu ketika menyusui, Anda bisa mencoba mengakalinya dengan menarik payudara ke belakang. Secara otomatis, ketika payudara ditarik ke belakang, jaringan di sekitar puting akan tertarik sehingga puting bisa menjadi sedikit lebih menonjol.

Anda bisa melakukan teknik ini dengan memposisikan jari di areola, yaitu lingkaran hitam di sekitar payudara. Tarik bagian payudara di sekitar areola ke belakang atau ke arah dada Anda. 

  • Memakai pelindung puting sehari-hari

Jika Anda memiliki puting datar, Anda disarankan untuk selalu memakai pelindung puting setiap harinya. Pelindung puting memiliki bentuk yang fleksibel yang bisa diposisikan di puting serta areola sebelum memakai bra.

Pelindung puting juga bisa dipakai ketika akan menyusui. Bentuk pelindung ini akan memudahkan mulut bayi untuk menyusui. Ini cocok digunakan apabila kondisi puting Anda tidak memungkinkan untuk menonjol dan masuk ke mulut bayi secara nyaman. 

  • Konsultasi dengan dokter

Dalam beberapa kasus, puting datar mungkin sangat menganggu dan memberikan dampak negatif terhadap proses menyusui bayi. Jika sudah seperti ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda. 

Tanyakan pada dokter mengenai langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi kondisi puting yang datar. Dokter bisa memberikan anjuran mengenai perawatan mandiri yang mungkin bisa Anda lakukan di rumah sebelum menyusui. 

Pada dasarnya, bentuk puting tidak akan terlalu memengaruhi kemampuan Anda untuk menyusui bayi Anda. Baik puting yang datar, menonjol, maupun masuk ke dalam, Anda tetap bisa menyusui bayi selama bayi bisa menempel pada payudara Anda dan mendapatkan asupan ASI. 

Pastikan Anda menyusui bayi dengan posisi yang nyaman bagi bayi. Jangan sampai, Anda memposisikan bayi pada posisi yang kurang tepat, sehingga bayi menjadi tidak nyaman dan semakin sulit mendapatkan asupan ASI yang memadai dari puting datar yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *