azarine skincare

Berbagai Kandungan yang Dapat Atasi Kulit Jerawat Meradang

Jerawat masih jadi salah satu masalah kulit yang susah-susah gampang untuk diobati. Terlebih jerawat meradang. Jerawat meradang adalah kondisi dimana kulit wajah mengalami pembengkakan serta kemerahan di area wajah yang berjerawat. Beberapa jenis jerawat meradang:

1. Papula

Papula memiliki ciri benjolan merah pada jerawat namun tidak memiliki bintik putih menonjol di tengah jerawat. Biasanya ukurannya bervariasi.

2. Pustula

Ciri jerawat meradang yang satu ini mirip dengan papula namun memiliki bintik putih atau kuning menonjol di tengah jerawat. Terdapat juga warna kemerahan pada area sekitar jerawat.

3. Nodul

Nodul merupakan jerawat yang mengalami benjolan yang cukup besar akibat terdapat nanah didalamnya. Jerawat jenis ini umumnya sakit saat dipegang.

4. Kista

Kista hampir mirip dengan nodul, namun bedanya kista terbentuk jauh di dalam kulit. Kemudian, kista biasanya memiliki warna yang sedikit lebih merah daripada nodul namun akan tergantung juga pada tingkat keparahannya. 

Apa sebenarnya penyebab jerawat meradang bisa timbul?

Kulit yang sehat akan melepaskan sel-sel kulit mati setiap harinya. Nantinya sel-sel kulit ini akan naik ke permukaan kulit melalui pori-pori pada wajah. Saat seseorang memiliki kulit yang rentan berjerawat (berminyak), proses ini bisa berlangsung lebih cepat dan akhirnya mampu menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada pori-pori wajah. Sel-sel kulit mati yang bercampur dengan minyak ini kemudian membuat pori kekurangan oksigen sehingga mudah menciptakan rumah bagi bakteri penyebab meradangnya jerawat. 

Kandungan yang dinilai dapat atasi kulit jerawat meradang

Ada beberapa kandungan yang dinilai ampuh untuk mengatasi jerawat serta jerawat yang meradang pada kulit wajah. Beberapa diantaranya adalah:

1. Salicylic acid

Salycid acid bekerja mengobati jerawat dengan membuka pori-pori tersumbat. Ia akan memudahkan pelepasan pori-pori wajah sehingga resiko pori-pori tersumbat dapat diminimalisir. Kemudian, ia juga bisa menurunkan kadar minyak berlebih pada kulit wajah sehingga resiko jerawat meradang akibat minyak yang bercampur bakteri dapat sedikit dikurangi.

2. Benzoil peroksida

Kandungan benzoil peroksida bekerja sangat baik untuk mengobati serta mencegah jerawat. Ia mampu membunuh bakteri di dalam permukaan kulit serta membantu mengurangi pori-pori tersumbat yang dapat memperparah jerawat dan menyebabkan peradangan pada kulit wajah. 

3. Tea tree oil

Tea tree oil adalah salah satu kandungan yang sudah sangat terkenal kemanjurannya dalam mengobati masalah jerawat. Tea tree oil memiliki sifat anti mikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat meradang. Kemudian, ia juga dapat mengobati gejala peradangan yang terjadi dengan menenangkan kemerahan serta mengurangi pembengkakan pada kulit wajah. 

4. Centella asiatica

Kandungan centella asiatica dipercaya dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit wajah berjerawat. Selain itu di dalam kandungannya juga terdapat senyawa baik yang dapat mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat. 

5. Niacinamide

Niacinamide juga sangat ampuh untuk mengobati keluhan jerawat terlebih jerawat parah dan meradang. Ia mengandung antioksidan yang bekerja mengobati peradangan yang terjadi. Selain itu, niacinamide juga ampuh untuk menyamarkan dan memudarkan bekas jerawat pada kulit wajah.

Azarine skincare Acne Spot Gel

Salah satu skincare dengan kandungan yang ampuh untuk mengobati dan mengurangi masalah jerawat meradang adalah Azarine skincare acne spot gel. Didalamnya terkandung kandungan salicylic acid, canadian willowherb, purslane, serta turkish rhubarb yang bekerja sangat baik untuk mengatasi berbagai keluhan jerawat meradang. Beberapa manfaat azarine skincare acne spot gel:

– Membantu meredakan jerawat meradang

– Mengontrol minyak berlebih penyebab jerawat

– Membersihkan dan menenangkan kulit wajah

Cukup oleskan azarine acne spot gel pada permukaan kulit yang berjerawat setelah dibersihkan. Gunakan produk 1-2 x sehari atau sesuai dengan anjuran dokter. Selain menggunakan azarine acne spot gel, jangan lupa juga untuk perhatikan kebersihan kulit wajah, ruangan terlebih kasur, serta kelola stres agar jerawat tak menjadi semakin parah kondisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *