Cara Membuat Smoothies Pisang dengan Jenis Pisang yang Tepat

Tahukah Anda bahwa ada banyak sekali jenis pisang yang bisa diolah menjadi menu makanan atau minuman sehat? Pisang yang paling sering dikonsumsi adalah pisang jenis cavendish. Pisang jenis ini jugalah yang paling sering digunakan sebagai cara membuat smoothies pisang

Sebenarnya, Anda bebas memilih jenis pisang apa saja ketika akan membuat smoothies. Tapi, Anda harus memahami bahwa setiap jenis pisang memiliki tekstur serta rasa yang berbeda-beda, sehingga penggunaan pisang yang berbeda akan menghasilkan rasa smoothies yang berbeda pula. 

Cara membuat smoothies pisang bisa dicoba di rumah dengan campuran aneka buah dan bahan lainnya

Cara membuat smoothies pisang

Untuk bisa membuat smoothies pisang, Anda tidak perlu menggunakan alat dan bahan-bahan yang terlalu rumit. Anda hanya perlu menyiapkan pisang sebagai bahan dasar utama. Secara garis besar, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan meliputi: 

  • 1 buah pisang
  • ¾ gelas yogurt original maupun yang memiliki rasa vanilla
  • ¾ susu segar
  • 1 sendok teh pemanis (opsional)

Setelah mempersiapkan bahan-bahan di atas, langkah selanjutnya adalah mencampurkan bahan dan mengolah smoothies. Berikut ini langkah-langkahnya: 

  1. Potong buah pisang kecil-kecil
  2. Tuangkan pisang yang sudah dipotong dan bahan-bahan lainnya ke dalam blender
  3. Tambahkan es batu jika ingin smoothies lebih dingin
  4. Campurkan seluruh bahan menggunakan blender selama kurang lebih 1 menit
  5. Setelah smoothies jadi, tuangkan ke wadah

Dari langkah-langkah di atas, Anda tentu bisa menyimpulkan bahwa cara membuat smoothies pisang di atas sangatlah mudah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan bisa disajikan untuk anak-anak maupun orang dewasa. 

Mengenal jenis pisang untuk membuat smoothies

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, ada banyak sekali jenis pisang. Ketika akan membuat smoothies, sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda sudah memilih jenis pisang yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Coba kenali dulu jenis-jenis pisang yang ada serta keunikannya masing-masing dibandingkan dengan jenis pisang lainnya: 

  • Cavendish

Cavendish adalah jenis pisang yang paling umum. Jika Anda sering membeli pisang di supermarket, kemungkinan besar pisang yang Anda beli adalah pisang cavendish.

Pisang cavendish sering digunakan sebagai bahan dasar olahan dessert dan minuman, termasuk smoothies. Jika Anda ingin mengetahui cara membuat smoothies pisang yang rasanya lebih netral, Anda bisa menggunakan pisang jenis ini.

  • Pisang merah

Tahukah Anda bahwa ada juga jenis pisang yang disebut pisang merah? Julukan pisang merah datang karena kulit pisang jenis ini berwarna kemerahan ketika belum matang. Tapi, saat sudah matang, warnanya perlahan-lahan akan berubah menjadi oranye kekuningan. 

Anda mungkin saja tidak pernah melihat pisang jenis ini ketika masih berwarna merah, karena pisang yang dijual di pasaran umumnya sudah matang dan berwarna kekuningan. 

  • Pisang raja

Sebelum mengetahui cara membuat smoothies pisang yang baik, kenali dulu jenis pisang raja, salah satu pisang yang juga cukup umum dijual di Indonesia. Dibandingkan dengan pisang cavendish, pisang raja memiliki rasa yang jauh lebih manis.

Bukan hanya itu, pisang raja juga memiliki warna daging yang sangat kuning, hampir sama dengan warna kuning pada kulitnya. Jika membuat smoothies dari pisang raja, smoothies Anda pasti akan berwarna lebih kuning dibandingkan dengan smoothies dari pisang cavendish.Masih ada banyak jenis pisang lainnya yang bisa digunakan untuk membuat smoothies. Apapun jenis pisang yang pada akhirnya Anda pilih, ikutilah langkah-langkah cara membuat smoothies pisang di atas untuk mengolahnya secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *