Waspada Sebelum Terlambat, Ini Cara Penularan Influenza

Waspada Sebelum Terlambat, Ini Cara Penularan Influenza

Sejak pandemi, semua orang jadi lebih mawas diri dan waspada terhadap kebersihan diri sendiri. Kewaspadaan ini datang karena persebaran Covid-19 yang mirip dengan cara penularan influenza. Penyakit flu memang bukan sesuatu yang cukup berat, apalagi kini sudah ada vaksin untuk flu musiman dan biasanya influenza memang bisa sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan biasa.

Akan tetapi, dengan adanya potensi virus Corona dalam influenza yang diidap seseorang, maka mencegah penyebarannya tentu jadi opsi yang lebih baik ketimbang harus berobat. Lalu, seperti apa cara penularan influenza dan apa yang bisa dilakukan untuk menghindarinya?

Memahami Cara Penularan Influenza

Sebagai penyakit yang disebabkan oleh virus, biasanya masa inkubasi setelah terpapar virus tersebut berada dalam kurun waktu 5 hari sebelum akhirnya menunjukkan beberapa gejala. Karenanya, orang bisa jadi tidak menyadari bahwa ia sudah menularkan influenza jika ia berinteraksi dengan orang lain dalam masa inkubasi tersebut.

Influenza ditularkan melalui droplet atau percikan air liur yang keluar saat seseorang bersin, berbicara, dan batuk. Orang yang terinfeksi influenza juga dapat menularkan penyakit ini ketika berpelukan atau bahkan melakukan aktivitas seksual karena adanya kedekatan antara ia dan orang yang ditulari. Selain itu, jika orang sehat terpapar dengan permukaan yang sudah terkontaminasi virus, maka bukan tidak mungkin ia juga akan tertular influenza. Sebab, virus seperti influenza bisa bertahan hingga 48 jam di atas permukaan benda. Karenanya, Anda perlu mengikuti beberapa cara untuk mencegah penularan influenza pada orang lain.

Ragam Cara Mencegah Penularan Influenza

Karena kemungkinan penularan yang cukup tinggi dan seringkali tidak disadari, maka baik yang sedang mengidap influenza maupun yang sehat perlu sama-sama waspada akan bahaya virus ini. Jika Anda merasa sehat, tentu kondisi ini harus dijaga dengan mengonsumsi asupan yang bergizi dan memastikan kebutuhan air putih tercukupi setiap harinya.

Anda juga bisa memastikan keamanan diri sendiri dengan menjaga jarak dari orang yang dirasa mengidap influenza. Menggunakan masker atau rutin mengonsumsi multivitamin untuk memperkuat imun tubuh bisa jadi salah satu cara pencegahan bagi diri sendiri. Selain itu, jaga kebersihan diri dengan tetap mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Apabila Anda yang merasa menderita influenza, maka beberapa langkah pencegahan penting dilakukan agar tidak menularkannya ke orang lain. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan masker setiap kali harus beraktivitas dan bertemu dengan orang lain. Dengan begitu, orang lain tidak akan terpapar droplet saat Anda batuk, bersin, atau sesederhana berbicara.

Pun jika memang sedang tidak menggunakan masker karena tidak tahu sedang flu, pastikan untuk menutup mulut dan hidung saat bersin ataupun batuk. Anda bisa bersin atau batuk dan menutupinya dengan pakaian atau siku. Jangan gunakan telapak tangan karena ia juga merupakan area yang bisa dengan mudah menularkan flu ke orang lain lewat salaman.

Ketika gejala influenza sudah terasa, pastikan untuk tetap diam di dalam rumah agar bisa menekan penyebaran flu dan mempercepat proses pemulihan. Periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang tepat. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar imunitas tubuh lebih kuat dan bisa membantu obat menyerang virus influenza. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan diri dan sanitasi agar virus tidak lama-lama hinggap di tubuh, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *