Manfaat Buah Anggur yang Baik Untuk Anak-Anak

Manfaat Buah Anggur yang Baik Untuk Anak-Anak

Manfaat buah anggur yang baik untuk anak-anak. Anggur, seperti buah pada umumnya, dikenal kaya akan berbagai manfaat kesehatan. 

Buah ini kian semakin terasa spesial karena ternyata anggur adalah salah satu tanaman yang bisa diberikan pada anak-anak, termasuk bayi.

Bayi yang memasuki usia 6 bulan memang sudah masuk ke tahapan MPASI. Sehingga, orang tua memang disarankan untuk mulai memperkenalkan berbagai jenis makanan, termasuk buah-buahan seperti anggur.

Namun, untuk memperkenalkan makanan pada bayi memang memerlukan perhatian khusus. Begitu juga anggur. Rasanya yang sedikit asam dengan tekstur yang kenyal namun agak kasar juga memerlukan perhatian.

Oleh karena itu, biasanya anggur baru dikenalkan pada bayi saat ia sudah mulai makan makanan padat, atau sebagai pilihan finger food. Dengan kata lain, biasanya anggur mulai direkomendasikan pada usia 8-10 bulan.

Lalu, apa saja manfaat buah anggur yang baik untuk anak-anak?

1. Melindungi dari Infeksi

Kandungan vitamin C dan antioksidan polifenol dalam anggur berperan penting untuk menguatkan imun tubuh. Manfaat ini jelas sangat diperlukan oleh anak-anak yang sedang membutuhkan perlindungan ekstra untuk mendukung aktivitas anak.

Selain itu, kandungan resveratrol pada anggur juga dapat mengatasi virus atau bakteri yang ada pada makanan.

2. Menyehatkan Pencernaan

Apabila anak-anak mengalami sembelit, anggur bisa jadi buah yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Kandungan serat pada anggur sangat berguna untuk memudahkan pergerakan usus dan membantu melancarkan serta menyehatkan pencernaan.

3. Melindungi Sistem Saraf

Anak-anak biasanya tengah pada fase perkembangan pesat sistem saraf, biasanya pada 3 tahun pertama kehidupannya. 

Oleh karena itu, anak sedang sangat membutuhkan asupan berbagai jenis kandungan zat gizi yang dapat mendukung perkembangannya, khususnya perkembangan otak.

Otak anak-anak, seiring bertambahnya usia, semakin berkembang cepat dengan menciptakan lebih banyak neuron dan membentuk koneksi baru dalam jaringan.

Untuk itu, anggur yang memiliki kandungan-kandungan pelindung bagian tengah otak, bisa menawarkan perlindungan otak pada anak untuk mencegah kerusakan dan menjaga fungsi otak.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada angur juga penting bagi kesehatan mata. Kandungan ini sangat berguna untuk membantu perkembangan mata pada anak

Mulai dari meningkatkan jarak pandang, kekuatan mata untuk melihat cahaya, hingga ketajaman penglihatan.

5. Mendukung Pertumbuhan Tulang

Anggur akan sangat bermanfaat dalam mendukung masa pertumbuhan anak. Hal ini disebabkan anggur memiliki kandungan vitamin K yang berkhasiat menjaga kesehatan tulang dan menunjang kepadatan tulang.

6. Menyehatkan Pernapasan Anak

Anggur bisa memberikan manfaat pencegahan masalah pernapasan pada anak. Kandungan antioksidan dalam anggur dapat menyehatkan pernapasan, meningkatkan kesehatan saluran napas, dan membantu meringankan gejala alergi.

Anggur juga dapat mengurangi risiko terkena bronkitis, asma, dan masalah pernapasan lainnya.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Vitamin E yang ada dalam anggur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, karena kandungan vitamin E banyak terdapat pada bagian biji anggur, Anda perlu menyajikannya dalam bentuk yang sudah dihaluskan.

Senyawa aktif pada anggur juga dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Sehingga, rambut anak akan terjaga kesehatannya.

Demikian manfaat buah anggur yang baik untuk anak-anak. Anda bisa memberikan anggur pada anak sebagai cemilan sehat. Namun, Anda perlu mengawasinya jika usia anak Anda masih butuh pengawasan saat memakan anggur utuh.

Kalau anak masih sulit mengonsumsi buah, Anda bisa mengemasnya dengan berbagai olahan, mulai dari aneka kue puding, buah, hingga es krim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *