Kenali Obat Herbal Diabetes Menggunakan Ginseng Korea

Kenali Obat Herbal Diabetes Menggunakan Ginseng Korea

Berbagai upaya dilakukan oleh penderita diabetes untuk tetap sehat dan bugar. Meski tidak sepenuhnya sembuh, penderita diabetes tetap bisa hidup sehat dengan menghindari pantangan, konsumsi obat secara rutin, dan berolahraga. Tidak hanya memanfaatkan bantuan medis, obat herbal diabetes masih menjadi pilihan sebagai obat alternatif. 

Ada berbagai alasan mengapa penderita diabetes memilih obat herbal. Berbagai macam tanaman dipercaya memiliki khasiat kesehatan dan sudah ditemukan selama ribuan tahun. Tiongkok dan Korea adalah contoh negara yang populer dengan obat herbal. Mereka diwarisi berbagai ilmu pengobatan tradisional yang sebagian besar menggunakan tanaman herbal, ginseng adalah salah satunya. 

Ginseng Sebagai Obat Herbal Diabetes

Ginseng merupakan tanaman langka yang dipercaya masyarakat memiliki berbagai khasiat kesehatan. Sayangnya, tanaman tersebut tergolong langka dan tidak mudah didapatkan. Maka, bukan hal mengherankan apabila ginseng memiliki nilai jual yang sangat mahal. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga 5 juta rupiah per kilogramnya. Semakin langka jenis ginsengnya, semakin mahal harga jual ginseng tersebut di pasaran. 

Ada dua jenis ginseng yang biasanya dipakai untuk obat herbal diabetes, yaitu ginseng putih dan ginseng merah. Perbedaan keduanya terletak dari proses pembuatannya. Ginseng putih diproses dengan cara akar ginseng yang dikeringkan saja dan tidak ada proses lainnya. Sedangkan ginseng merah dibuat dengan proses lebih lanjut berupa dipanaskan kemudian dikeringkan. Dari berbagai khasiat yang ada, studi menemukan bahwa ginseng merah bermanfaat bagi penderita diabetes terutama pasien tipe 2. Lantas, khasiat apa saja yang ada dalam kandungan ginseng merah dan bagaimana cara mengolahnya?

Khasiat Ginseng Merah

Zat utama yang terkandung dalam ginseng merah adalah ginsenoside. Zat tersebut membantu mengendalikan aktivitas hormon dan menyeimbangkan kinerja saraf. Ginsenoside juga memberikan pengaruh terhadap produksi insulin, tekanan darah, hingga meningkatkan metabolisme tubuh. Selain ginsenoside, ginseng merah juga mengandung berbagai zat berkhasiat lainnya, seperti panaxytriol, panaxynol, dan panaxydol. Lebih lengkapnya, berikut  khasiat ginseng  Korea secara umum bagi kesehatan:

  • Meningkatkan hasrat seksual dan disfungsi ereksi
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Meringankan gejala penyakit paru obstruktif kronis
  • Menurunkan risiko flu
  • Menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes

Studi yang pernah dilakukan menemukan bahwa ginseng juga membantu para penderita diabetes tipe 2. Ginseng merah  berguna meningkatkan sensitivitas insulin serta interaksinya dengan glimepiride, glipizide dan glyburide bermanfaat menurunkan kadar gula darah. 

Resep Obat Herbal Diabetes Menggunakan Ginseng 

Khasiat ginseng dapat Anda nikmati dengan berbagai pilihan penyajian. Biasanya di Korea Selatan, ginseng diolah menjadi bubuk halus, air rebusan, hingga menjadi teh. Berikut resep membuat teh ginseng yang bisa Anda coba. 

Siapkan akar ginseng yang masih segar, potong tipis-tipis hingga berjumlah 6-7 irisan. Tuang 4 gelas air panas ke dalam panci atau pot, masukkan irisan ginseng, dan tambahkan parutan jahe. Tunggu hingga 10 menit, saring teh dan tuangkan ke dalam gelas. Teh ginseng siap untuk dinikmati. 

Selain teh ginseng, anda juga bisa mengolah ginseng menjadi bubuk halus. Cara mengolah ginseng menjadi bubuk adalah dengan cara dipotong kecil-kecil dan ditumbuk hingga halus. Anda bisa menambahkan bubuk ginseng sebagai campuran masakan atau menyeduhnya dengan air panas.

Itulah resep membuat obat herbal diabetes menggunakan ginseng Korea. Tidak ada salahnya menggunakan obat alternatif selain obat-obatan medis Kehadiran obat herbal diharapkan dapat menjadi alternatif bagi para pasien untuk menikmati obat dari bahan alami. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *