Obat Penumbuh Rambut Botak Depan untuk Atasi Kerontokan

Obat Penumbuh Rambut Botak Depan untuk Atasi Kerontokan

Kerontokan rambut dapat terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Ada berbagai faktor penyebab yang membuat rambut rontok. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab utama dari kerontokan Anda. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat penumbuh rambut botak depan untuk mengurangi kerontokan. Ada beberapa jenis obat penumbuh rambut botak depan yang dapat Anda gunakan, namun tetap berdasarkan resep dokter. 

Siklus Pertumbuhan Rambut

Rambut di kulit kepala tumbuh sekitar 0,3 hingga 0,4 mm/ per hari atau sekitar 6 inci per tahun. Tidak seperti mamalia lain, manusia mengalami pertumbuhan dan kerontokan rambut manusia secara acak dan tidak musiman. Pada waktu tertentu, sejumlah rambut acak akan berada di salah satu dari tiga tahap pertumbuhan dan kerontokan yaitu anagen, katagen, dan telogen.

1. Anagen

Anagen adalah fase aktif rambut. Pada masa ini sel-sel akar rambut membelah dengan cepat, sehingga rambut baru terbentuk dan mendorong club hair (rambut berhenti tumbuh atau tidak lagi dalam fase anagen) ke atas folikel dan akhirnya keluar (rontok).

Selama fase anagen, rambut Anda tumbuh sekitar 1 cm setiap 28 hari dan terjadi selama dua hingga enam tahun. Namun beberapa orang mengalami kesulitan menumbuhkan rambut karena mereka memiliki fase pertumbuhan aktif yang pendek. Di sisi lain, orang dengan rambut yang sangat panjang memiliki fase pertumbuhan aktif dari kebanyakan orang. 

2. Katagen

Fase katagen adalah tahap transisi. Fase katagen dapat berlangsung sekitar 2-3 minggu. Pertumbuhan berhenti dan selubung akar luar menyusut dan menempel pada akar rambut. 

3. Telogen

Telogen adalah fase istirahat yang berlangsung sekitar 100 hari. Selama fase ini, folikel rambut benar-benar diam dan club hair Anda sepenuhnya terbentuk. Sekitar 25 hingga 100 rambut telogen rontok secara normal setiap hari.

Penyebab Kerontokan Rambut

Normalnya, setiap hari seseorang akan mengalami kerontokan 50-100 helai per hari. Namun, rambut yang rontok ini akan tumbuh ke,bali dan digantikan dengan rambut baru. Sayangnya, beberapa faktor lain dapat memengaruhi siklus pertumbuhan rambut sehingga melambat atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Jika dibiarkan kondisi ini dapat menyebabkan penipisan rambut bahkan kebotakan. 

Penyebab paling umum dari kerontokan rambut adalah yaitu: 

  1. Perubahan hormon dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara, meliputi kehamilan, persalinan, penggunaan pil KB, menopause. 
  2. Kondisi medis yang dapat menyebabkan rambut rontok seperti penyakit tiroid, penyakit autoimun yang menyerang folikel rambut (alopecia areata), infeksi kulit, penyakit lichen planus, dan penyakit lupus yang menyebabkan jaringan parut.
  3. Rambut rontok akibat konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kanker, obat tekanan darah tinggi, obat radang sendi, obat depresi, dan obat jantung.
  4. Perubahan fisik yang drastis dan gangguan psikologis dapat memicu kerontokan rambut meliputi stress, penurunan berat badan yang ekstrim, dan demam tinggi.
  • Orang dengan trikotilomania (gangguan mencabut rambut).
  • Diet yang terlalu ekstrem sehingga kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan penipisan rambut.
  1. Genetik 
  2. Pertambahan usia yang dapat memengaruhi kadar kolagen dalam tubuh.
  3. Melakukan styling rambut seperti mengecat rambut, menggunakan hair dryer, bleaching rambut, mengikat rambut terlalu kuat, menggunakan sanggul, dan lain-lain.

Obat Mengatasi Kerontokan

  • Minoxidil: Obat minoxidil dapat membantu menumbuhkan kembali rambut dan memperlambat laju kerontokan rambut. Minoxidil bekerja dengan merelaksasi dan memperbesar pembuluh darah kecil tertentu di tubuh Anda sehingga aliran darah lancar. Namun obat ini memiliki efek samping seperti iritasi kulit kepala dan gatal. 
  • Finasterida (Propecia): obat ini dikonsumsi secara oral karena berbentuk pil. Obat ini biasanya diresepkan untuk pria yang mengalami kerontokan rambut yang parah. Finasteride dikonsumsi sebanyak 1 mg/per hari untuk kondisi tertentu seperti alopecia androgenetik pria (AGA).
  • Obat lain: (Carospir, Aldactone) dan dutasteride oral (Avodart).

Selain menggunakan obat-obatan, rambut rontok juga dapat diatasi dengan tindakan medis lainnya, meliputi:

  • Operasi transplantasi rambut
  • Terapi laser.

Itu dia beberapa cara atau pilihan obat penumbuh rambut botak depan yang dapat dicoba. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *