obat ruam popok

Obat Ruam Popok yang Paling Ampuh untuk Buah Hati

Ruam popok pada bayi biasanya muncul di area yang terkena gesekan dari popok yang digunakan, karena area tersebut termasuk area yang hangat dan lembab.

Ruam tersebut biasanya berwarna merah dan meninggalkan rasa gatal serta perih di bagian paha, bokong, atau sekitar daerah genital bayi. Ini sebabnya banyak orang tua segera mencari obat ruam popok untuk si kecil.

Ruam popok pada bayi dapat terjadi akibat:

  • Iritasi kulit karena paparan feses dan urine
  • Gesekan atau lecet karena popok terlalu ketat
  • Infeksi bakteri atau jamur
  • Kulit sensitif
  • Penggunaan antibiotik
  • Iritasi kulit karena produk baru
  • Pengenalan terhadap makanan baru

Keadaan ini juga dapat diperparah dengan beberapa hal berikut:

  • Konsumsi susu formula

Feses bayi yang mengonsumsi ASI mengandung lebih sedikit bakteri penghasil urease penyebab infeksi. Oleh karena itu, bayi yang diberi susu formula memiliki risiko lebih tinggi terkena ruam popok dibandingkan dengan bayi yang disusui ASI.

  • Konsumsi makanan dan obat-obatan oleh busui

Pola makan ibu ataupun konsumsi beberapa obat tertentu dapat berpengaruh pada ASI yang diminum bayi. Hal ini bisa meningkatkan risiko terkena ruam popok pada bayi yang kulitnya sensitif.

  • Riwayat medis

Bayi yang pernah mengalami penyakit kulit seperti eczema atau memiliki kondisi immunocompromised seperti HIV, lebih mungkin terserang ruam popok.

Tips mengatasi ruam popok pada bayi

Ruam popok pada bayi membuat kulit si kecil menjadi gatal, perih, dan terasa panas. Hal ini tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan dan dapat membuat bayi menjadi rewel. Maka dari itu, Anda perlu cepat-cepat mengatasinya agar si kecil dapat beraktivitas dengan riang lagi.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ruam popok pada bayi seperti yang dilansir dari Healthline:

  1. Jaga kulit bayi agar selalu bersih dan kering

Salah satu hal terpenting untuk mengatasi ruam popok bayi adalah memastikan kulit di area selangkangannya selalu bersih dan kering. Ketika Ibu sedang mengganti atau memakaikan popok untuk si Kecil, usahakan untuk tidak memakaikan popok yang terlalu ketat dan yang sesuai dengan ukuran bayi.

Anda juga dapat membiarkan bayi tanpa popok untuk sementara waktu, khususnya di siang hari untuk menghindari keringat muncul di bagian yang tertutup popok. Tujuannya agar kulit bayi tetap kering dan bisa bernapas dengan lega sehingga dapat mengurangi iritasi.

Biasakan juga untuk mengeringkan kulit si Kecil dengan menepuknya lembut menggunakan handuk atau kain. Hindari menggunakan tisu pembersih yang mengandung alkohol, serta menggosok area kulit bayi yang mengalami ruam terlalu keras.

  1. Pakaian popok yang sesuai ukuran

Pemilihan popok juga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Ketika bayi dipakaikan popok yang terlalu ketat, hal tersebut dapat memunculkan iritasi akibat gesekan yang terlalu ketat atau bahkan memperburuk kondisi iritasi yang ada.

Untuk lebih aman, Anda bisa memilih popok yang sedikit longgar sehingga lebih nyaman digunakan. Seiring bertambahnya usia dan perkembangan bayi, usahakan untuk selalu membeli popok yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

  1. Ganti popok bayi secara rutin

Jangan biarkan bayi yang mengalami ruam popok tetap menggunakan popok yang sama dalam jangka waktu lama, terutama jika popok sudah penuh atau kotor. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu rutin mengganti popok bayi kurang lebih tiga hingga empat jam, atau ketika popok sudah kotor.

Jangan biarkan urin dan feses mengenai kulit si Kecil dalam waktu yang lama sebab sifat asam dari kotoran manusia memungkinkan munculnya bakteri yang dapat membuat kulit bayi terkena iritasi

  1. Berikan obat ruam popok yang aman

Iritasi yang disebabkan oleh popok dapat diatasi dengan memberikan obat ruam popok pada bayi, seperti Pure Baby Diaper Cream. Pure Baby Diaper Cream adalah pelembap atau krim yang berfungsi untuk meredakan ruam atau kemerahan pada kulit bayi akibat penggunaan popok. 

Kulit bayi sangat sensitif dan mudah mengalami iritasi. Selain karena kelembapan berlebih akibat penggunaan popok, iritasi atau peradangan juga bisa terjadi karena infeksi bakteri yang dihasilkan feses dan air seni bayi. Selama menggunakan popok, bakteri akan menempel di kulit dan kemudian menimbulkan peradangan.

Pure Baby Diaper Cream mengandung zink oksida, minyak jarak, dan minyak bunga matahari. Zink oksida bekerja efektif untuk melindungi kulit dari kemerahan ringan, sedangkan minyak jarak akan menjaga kelembapan dan kelembutan kulit bayi.

Kemudian, minyak bunga matahari berperan penting untuk meregenerasi kulit agar bayi merasa nyaman dan terhindar dari iritasi. Krim ini aman digunakan setiap hari karena bebas alkohol atau alcohol free.

Untuk membeli obat ruam popok Pure Baby Diaper Cream, Anda bisa membelinya di toko SehatQ yang bisa ditemukan di website atau aplikasi SehatQ. Download aplikasinya melalui App Store / Play Store sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *