Obati Sembelit dengan Fleet Enema

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi di mana seseorang sulit buang air besar atau hanya buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Ini adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat disembuhkan dengan obat tertentu, seperti fleet enema.

Fleet enema memang sudah terkenal sebagai obat yang dapat mengatasi sembelit atau konstipasi. Selain sembelit, obat ini juga sering digunakan sebelum melakukan operasi atau pemeriksaan medis seperti endoskopi. Tujuannya, untuk membersihkan usus terlebih dahulu. Sebagai informasi, endoskopi adalah pemeriksaan medis untuk memeriksa saluran pencernaan.

Fleet enema mengandung zat aktif yang disebut dengan monobasic sodium phosphate dan dibasic sodium phosphate. Keduanya membantu saluran cerna untuk meningkatkan penyerapan air sehingga feses atau tinja dapat lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan dari anus.

Cara penggunaan fleet enema

Fleet enema dapat digunakan untuk meredakan sembelit. Namun pemakaiannya hanya boleh sesekali dan tidak sering. Ketika mengobati sembelit, ada baiknya untuk menggunakan produk yang lebih ringan atau alami seperti obat pencahar atau pelunak feses. Sebelum menggunakan fleet enema ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker tentang pilihan pengobatan lain.

Selain mengatasi sembelit atau konstipasi, dokter mungkin akan meresepkan fleet enema untuk membersihkan tinja dari usus sebelum operasi atau prosedur usus tertentu, seperti kolonoskopi atau radiografri. Biasanya, dokter juga akan meresepkan produk lainnya bersamaan dengan fleet enema

Penggunaan fleet enema harus dengan sesuai yang diarahkan dokter. Pasalnya terdapat kandungan natrium fosfat yang bekerja sebagai pencahar garam yang dapat meningkatkan cairan di usus kecil. Biasanya menyebabkan buang air besar setelah 1 hingga 5 menit. Anak di bawah usia 2 tahun tidak boleh menggunakan obat ini.

Fleet enema hanya dapat digunakan melalui lubang dubur. Perlu diingat, pasien yang menggunakan fleet enema harus tetap terhidrasi karena buang air besar dapat sangat berair dan tubuh dapat kehilangan cairan.

Jika dokter mengarahkan untuk menggunakan produk ini sebelum operasi atau untuk prosedur medis di bagian usus, mereka akan memberi tahu berapa lama sebelum operasi atau prosedur Anda harus menggunakan produk ini. Ikuti petunjuk dokter dengan cermat. Setelah menggunakan obat, minum banyak air putih untuk mencegah efek samping yang lebih serius seperti masalah ginjal dan dehidrasi. Bicarakan dengan dokter Anda tentang jenis cairan yang dapat Anda minum sebelum prosedur Anda.

Dosis fleet enema

Dosis yang diberikan biasanya tergantung pada kondisi pasien. Dosis biasanya didasarkan pada usia, kondisi medit, dan respons terhadap pengobatan. Jangan gunakan obat ini lebih dari yang diarahkan. Pasien biasanya diresepkan untuk menggunakan obat ini sekali dalam 24 jam atau menggunakan obat ini lebih dari 3 hari, kecuali diarahkan berbeda oleh dokter. Selain itu, jangan menggunakan produk pencahar lainnya saat menggunakan produk ini. Hal ini dapat meningkatkan risiko dan efek samping yang sangat serius.

Jika digunakan terlalu sering, fleet enema dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai ketergantungan pencahar, terutama jika Anda menggunakannya secara teratur untuk waktu yang lama. Dalam kasus seperti itu, usus Anda mungkin berhenti bekerja secara normal dan Anda mungkin mengalami sembelit yang berkelanjutan. 

Bagi yang tidak sering mengalami sembelit dan hanya mengalami sesekali, pencahar yang mengandung psyllium atau pelunak tinja seperti docusate merupakan produk yang lebih baik dan lebih aman digunakan. Hal ini untuk mencegah ketergantungan obat pencahar, konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda perlu menggunakan fleet enema atau produk pencahar lainnya selama lebih dari 7 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *