Manfaat Olahraga Sebelum Tidur untuk Insomnia

Manfaat Olahraga Sebelum Tidur untuk Insomnia

Di tengah pandemi COVID-19, angka insomnia di beberapa negara meningkat. Kamu juga? Salah satu upaya yang bisa kamu coba untuk mengatasinya adalah olahraga sebelum tidur.

Selain bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, melakukan olahraga pada malam hari juga bisa memberikan manfaat pada kualitas tidur kamu.

Jika kamu memiliki masalah sulit tidur, simak pembahasan mengenai hubungan olahraga dengan permasalahan tidur pada artikel berikut ini!

Kaitan olahraga dengan kualitas tidur

Melansir Sleep Foundation, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga yang dilakukan secara rutin memiliki kaitan erat dengan kualitas tidur.

Orang yang melakukan olahraga secara rutin memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami insomnia dan masalah tidur lainnya.

Begitupun sebaliknya, orang yang jarang olahraga atau minim melakukan aktivitas fisik akan rentan mengalami insomnia. Ditambah dengan faktor lain seperti kesehatan buruk, stres, usia tua, hingga pengangguran.

Penelitian terkait

Ada penelitian yang menemukan bahwa individu dengan insomnia kronis melakukan olahraga rutin selama 4 minggu mendapati 13 menit lebih cepat tertidur.

Selain itu, ada juga penelitian lain yang menyebut kalau olahraga aerobik dapat menurunkan gejala insomnia.

Tak hanya insomnia, berolahraga rutin juga dapat bantu mengatasi gangguan tidur lainnya. Seperti gangguan pernapasan saat tidur dan dapat membantu mengurangi keparahan apnea tidur obstruktif.

Manfaat olahraga untuk mengatasi insomnia

Jika kamu memiliki insomnia, kamu disarankan untuk melakukan olahraga rutin setidaknya 30 menit per hari.

Lalu bagaimana olahraga bisa memengaruhi proses tidur kita? Berikut beberapa faktornya:

1. Perubahan suhu inti tubuh

Saat melakukan olahraga, suhu tubuh kamu akan naik. Dan setelah selesai olahraga suhunya akan turun.

Nah penurunan suhu pasca olahraga ini mirip dengan penurunan suhu yang tubuh alami pada malam hari saat tubuh bersiap untuk istirahat.

Perubahan suhu ini pada akhirnya mengirim sinyal ke otak bahwa waktu tidur sudah tiba. Jadi kamu akan lebih cepat terlelap.

2. Meredakan gejala stres

Stres, depresi, dan gangguan kecemasan bisa menjadi beberapa faktor seseorang mengalami insomnia.

Olahraga sebelum tidur bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak hormon endorfin. Hormon ini sering disebut dengan hormon kebahagiaan karena efek yang  ditimbulkannya.

Hormon ini bisa memperbaiki suasana hati yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas tidur penderita insomnia.

3. Memperbaiki jam biologis tubuh

Terganggunya jam biologis tubuh atau ritme sirkadian dapat menimbulkan kacaunya jam tidur dan jadi penyebab insomnia.

Olahraga pada jam atau waktu tertentu bisa membantu mengatur ulang jam biologis ini dan membuat penderita insomnia tidur lebih cepat.

Olahraga seperti lari misalnya, bisa meningkatkan hormon serotonin yang juga berperan pada siklus tidur.

4. Memperpanjang durasi tidur

Selain membuatmu lebih mudah terlelap, melakukan olahraga sebelum tidur juga dapat membuat kamu lebih nyenyak sehingga durasi tidur lebih panjang.

Fisik yang aktif membuat tubuh membutuhkan banyak energi, yang pada akhirnya membuat kamu lebih lelah. Saat lelah, kamu akan memiliki durasi tidur yang lebih panjang.

Kapan waktu yang pas untuk olahraga?

Jika kamu ingin mengatasi insomnia, maka kamu harus menghindari melakukan olahraga setidaknya 2 jam sebelum tidur.

Melakukan aktivitas fisik berat yang mepet dengan jam tidur justru bisa membuat kamu lebih sulit terlelap. Kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang intensitasnya ringan hingga sedang, seperti latihan aerobik.

Nah itu dia ulasan mengenai manfaat olahraga sebelum tidur untuk penderita insomnia. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *