masker kesehatan

Penggunaan Masker Kesehatan Yang Tepat Untuk Mencegah Virus Corona

Penggunaan masker merupakan bagian dari rangkaian upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran penyakit saluran pernapasan, termasuk salah satunya adalah COVID-19. Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam pedomannya juga menyarankan penggunaan masker wajah. Baik bagi mereka yang sehat, maupun mereka yang sakit untuk mencegah penularan COVID-19. Ada berbagai jenis masker kesehatan yang saat ini bisa Anda pilih.

Mengacu pada rekomendasi WHO, ada beberapa hal pedoman yang perlu diperhatikan bagi masyarakat dalam memilih masker kesehatan ini, khususnya pada struktur 3 lapis dan nilai efisiensi filtrasi. Di Indonesia sendiri, upaya pemerintah dalam menjaga kualitas masker kain untuk melindungi masyarakat secara optimal, dilakukan melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN). Dalam SNI ini, terdapat 12 parameter yang diuji, di antaranya adalah nilai BFE (bacterial filtration efficiency) atau efisiensi filtrasi bakteri minimal sebesar 60 persen dan efisiensi filtrasi partikel yang juga dengan nilai minimum 60 persen.

Salah satu jenisnya adalah masker hidung. Masker hidung adalah benda yang digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit. Masker ini dilengkapi dengan tali atau karet, berbentuk longgar, serta melindungi area hidung dan mulut. 

Sebenarnya, memakai masker hidung hanya disarankan saat Anda sedang flu, batuk, atau terjangkit jenis penyakit lainnya. Masker ini mampu mencegah Anda menyebarkan tetesan air liur atau ingus ke udara yang mungkin saja mengandung kuman. 

Masker hidung juga dapat melindungi diri dari percikan cairan tubuh orang lain ketika batuk dan bersin sehingga Anda tidak turut tertular penyakit. Selain itu, masker juga harus digunakan pada

  • Orang-orang yang sedang sakit infeksi pernapasan. Misalnya, flu, pneumonia, bronkitis, tuberkulosis (TBC), dan lain-lain. 
  • Orang yang merawat pasien dengan infeksi pernapasan.
  • Orang yang mengunjungi rumah sakit atau klinik, termasuk dokter, perawat, dan ahli medis yang bekerja di sana. 
  • Pekerja yang menangani makanan.
  • Petugas transportasi umum. 

Selain masker hidung, jenis masker ini biasa dikenal dengan masker operasi, masker prosedur, atau masker medis. Cara memilih masker medis yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih masker medis yang tepat, yakni

  • Pilihlah jenis masker atau masker bedah yang berfungsi melindungi dari mikroorganisme, cairan tubuh, dan partikel berukuran besar di udara. 
  • Menutup area hidung dan mulut.
  • Terbuat dari material lembut dan nyaman digunakan.
  • Umumnya dikemas dalam sebuah kotak yang berisi masker sekali pakai. 

Direkomendasikan ada dua cara untuk meningkatkan seberapa baik masker wajah dapat melindungi diri.

  1. Penggunaan Masker Ganda

Masker ganda, atau memakai masker kain di atas masker bedah sekali pakai dipercaya sangat efektif sebagai pencegahan virus corona masuk ke mulut dan/atau hidung. Penyaringan partikel di udara dapat diperoleh, tetapi kenyamanan saat menggunakan masker juga perlu dilakukan agar area tersebut dapat tertutup dengan benar. Selain itu, kombinasi penggunaan masker juga perlu diperhatikan. 

Setiap orang tidak disarankan untuk menggunakan dua masker dengan jenis yang sama. Jangan gabungkan dua masker medis secara bersamaan karena kemampuan penyaringannya tidak meningkat. Langkah yang terbaik adalah dengan mengombinasikan masker bedah sekali pakai ditambah dengan masker kain. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menutup sisi-sisi dari masker tersebut.

  1. Pengikat Teknik Loop

Saat hanya menggunakan masker bedah, ada baiknya untuk melakukan pengikat dengan teknik loop pada sangkutan di telinga. Pada studi yang dilakukan, saat dua orang melakukan teknik ini, paparan partikel virus yang ada di sekitarnya berkurang hingga 95 persen. Efektivitasnya naik dua kali lipat dari masker bedah tunggal dan masker kain, karena adanya celah yang dapat membuat virus masuk ke mulut atau hidung.

Namun, masker tidak dapat menggantikan peran dari pembatasan jarak atau social distancing saat melakukan interaksi. Tentu saja, kamu benar-benar harus memperhatikan keamanan saat masker dibuka, seperti saat makan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan menggunakan masker kesehatan. Pemakaian masker begitu penting untuk melindungi diri Anda terlebih saat sedang berada di tempat umum. Jadi, jangan lagi memakai masker secara sembarangan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *