Penyebab, Gejala, dan Obati Hipertensi dengan Captopril 50 Mg

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi pada seseorang yang tekanan darahnya terukur pada angka 130/80 mmHg ataupun lebih. Sebenarnya tekanan darah pada setiap orang bisa berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti jenis kelamin hingga usia. Untuk mengatasi kondisi tersebut ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, salah satunya yaitu mengonsumsi obat untuk mengatasi hipertensi seperti Captopril 50 Mg.

Walaupun hipertensi ini cukup umum terjadi namun pada kondisi tertentu juga dapat membahayakan hingga dapat merusak jantung. Jika kondisi hipertensi dibiarkan tak terkontrol dalam waktu yang lama maka akan meningkatkan risiko penyakit seperti stroke dan jantung. Lalu apa saja yang menjadi penyebab,gejala dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang tinggi dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada tubuh. Namun, kerap kali kondisi ini tidak disadari oleh penderitanya, hal ini dikarenakan gejala yang muncul tidak terlalu spesifik sehingga penderita hipertensi sendiri tidak mengetahui jika tekanan darahnya sudah di atas normal.

Hipertensi berdasarkan jenisnya terbagi menjadi dua yaitu hipertensi primer atau yang juga biasa disebut hipertensi esensial dan hipertensi sekunder. Keduanya memiliki penyebab yang berbeda. Berikut penjelasannya:

1.Hipertensi Primer

Kebanyakan dari pengidap hipertensi menderita hipertensi jenis ini. Jenis hipertensi ini terus berkembang tanpa sebab yang jelas dan tanpa gejala secara bertahap selama bertahun-tahun.

2.Hipertensi Sekunder

Kondisi hipertensi sekunder biasanya muncul secara tiba-tiba dan gejalanya lebih parah dibandingkan dengan hipertensi primer. Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hipertensi sekunder seperti penyakit ginjal dan efek samping dari obat.

Penyebab tekanan darah tinggi sebenarnya belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko hipertensi, yaitu:

  • Obesitas atau kegemukan (overweight)
  • Pola hidup tidak sehat seperti merokok dan jarang berolahraga
  • Mengonsumsi alkohol dan minuman yang mengandung kafein contohnya kopi
  • Kurang istirahat dan memiliki tingkat stress yang tinggi juga dapat membuat tekanan darah Anda menjadi tinggi

Gejala Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan dari penderita tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala yang spesifik. Bahkan kebanyakan tidak merasakan adanya masalah hingga tanpa sadar tekanan darahnya sudah mencapai tingkat yang sangat tinggi. Namun, pada beberapa kondisi hipertensi yang parah biasanya akan muncul beberapa gejala meliputi:

  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Mimisan
  • Kulit memerah (terutama pada bagian leher dan juga wajah

Cara Mengatasi Hipertensi

Cara terbaik untuk mengatasi hipertensi sebenarnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga mengonsumsi gizi yang seimbang. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hipertensi misalnya seperti melakukan latihan fisik secara teratur, menghindari stres, mengurangi asupan garam, menjaga berat badan, tidak merokok dan juga tidak mengonsumsi alkohol.

Apabila Anda telah melakukan perubahan gaya hidup namun belum cukup untuk mengatasi hipertensi, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk diperiksa dan diberikan obat yang sesuai. Salah satunya yaitu Captopril 50 mg, sebagai obat yang termasuk dalam kelas obat inhibitor angiotensin-converting enzyme (ACE), Captopril 50 Mg mampu membuka pembuluh darah, sehingga membuat darah dapat mengalir lebih lancar dan juga mengurangi kerja jantung dalam memompa darah.

Itu dia penjelasan mengenai penyebab, gejala dan cara mengatasi hipertensi dengan Captopril 50 mg. Walaupun masih belum bisa diketahui secara pasti penyebab hipertensi, pastikan untuk selalu menjaga pola hidup sehat agar selalu terhindar dari macam-macam penyakit yang dapat mengancam kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *