Prosedur Melakukan Pemeriksaan Darah di Telkomedika Ratulangi

Tes darah memang tindakan yang cukup sering dan rutin dilakukan dalam pemeriksaan kesehatan tubuh. Prosedur ini biasanya dianjurkan setelah melakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Tes darah bisa dilakukan di klinik laboratorium terdekat, seperti Telkomedika Ratulangi misalnya.

Tes darah ini memang diperlukan untuk mengetahui berbagai kondisi kesehatan pasien. Melalui tes darah pula dokter akan mengevaluasi kondisi medis spesifik yang terjadi pada pasien.

Fungsi Tes Darah

Tes darah ada berbagai jenis dengan berbagai pemeriksaan. Masing-masing jenisnya punya fungsi tersendiri, seperti:

  1. Tes hitung darah lengkap

Tes ini meliputi beberapa komponen darah, seperti hemoglobin, sel darah merah, sel darah putih, trombosit, hematokrit, hingga MCV.

Fungsi dari pemeriksaan ini untuk membantu dokter mengidentifikasi apakah ada kelainan darah atau kondisi medis tertentu dalam tubuh. Seperti anemia, gangguan sistem kekebalan tubuh, infeksi, atau peradangan.

  1. Pemeriksaan enzim darah

Pemeriksaan enzim darah ini untuk mengidentifikasi kadar enzim spesifik dalam tubuh. Fungsinya untuk mendeteksi berbagai kondisi medis yang dialami oleh pasien, misalnya serangan jantung. 

  1. Tes koagulasi darah

Tes koagulasi darah ini dilakukan saat dokter mencurigai pasien yang punya kelainan di proses pembekuan darah. Tes ini untuk mendeteksi kadar protein yang berguna membantu proses pembekuan darah. 

Fungsi tes koagulasi darah ini adalah untuk memantau seberapa efektif pengobatan bagi pasien yang mengonsumsi obat pengencer darah.

  1. Pemeriksaan kolesterol

Pemeriksaan kolesterol atau panel lipid adalah untuk menghitung kadar LDL, HDL, kolesterol total, dan trigliserida yang ada di dalam darah. 

Dengan melakukan tes kolesterol ini, maka bisa menilai risiko terjadinya penumpukan plak di pembuluh darah atau penyakit jantung koroner pada apsien.

  1. Pemeriksaan panel metabolik

Pengecekan panel metabolik adalah untuk menilai kadar kalsium, ureum, gula darah, kreatinin, hingga elektrolit.

Tes ini akan mendeteksi kadar senyawa kimia dalam darah pasien. Seperti kadar kalsium, kadar gula, kadar elektrolit, hingga kadar ureum dan kreatinin. 

Orang yang Perlu Melakukan Tes Darah

Biasanya, tes darah direkomendasikan oleh dokter pada siapa saja secara rutin. Tapi, ada beberapa kondisi yang dilaksanakan pemeriksaan darah, seperti:

  • Muncul gejala yang terus-menerus dan tidak biasa. Gejala yang dimaksud bisa rasa lelah, nyeri, hingga berat badan yang naik atau turun.
  • Mengurangi risiko terjadi penyakit komplikasi. Dengan melakukan tes darah secara rutin bisa mendeteksi berbagai tanda penyakit yang berisiko pada tubuh seseorang dengan lebih cepat.
  • Pasien yang ingin menjaga kesehatan. Dengan mengetahui kadar kolesterol, tentu akan membantu pasien menjaga pola makan dan hidup lebih sehat.

Persiapan Menjalani Tes Darah

Ada berbagai persiapan yang dilakukan menjalani tes darah ini. Biasanya pasien akan dianjurkan untuk menjalani puasa selama 8-12 jam terlebih dahulu sebelum melakukan cek darah. 

Hal ini karena semua makanan dan minuman yang masuk ke tubuh bisa mengandung protein, vitamin, dan berbagai nutrisi lain. Tentu saja kandungan ini bisa menurunkan atau meningkatkan kadar zat-zat tertentu dalam tubuh pasien. Makanya dianjurkan berpuasa jika akan menjalani tes:

  • Tes gula darah
  • Tes fungsi hati
  • Tes kolesterol
  • Tes fungsi ginjal
  • Tes panel metabolik

Lakukan Tes Darah di Telkomedika Ratulangi

Buat Anda yang berada di Makassar, salah satu klinik untuk pemeriksaan darah bisa ke TelkoMedika Health Centre Ratulangi. 

Laboratorium ini berada di Jalan Ratulangi No.126 Mariso, Kota Makassar. 

TelkoMedika Ratulangi ini menyediakan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Laboratorium TelkoMedika Ratulangi ini dari Senin-Sabtu pukul 08.00-21.00. Selain tersedia laboratorium, di sini juga ada fasilitas umum seperti area untuk parkir mobil dan motor. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *