Redakan Gejala Hidung Bengkak dengan Bahan Alami di Rumah Anda

wanita asia dengan pakaian tidur satin dengan mimisan dengan latar belakang abu-abu, orang-orang asia menyakiti hidungnya - swollen nose potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Hidung bengkak akibat adanya penyakit lain bisa disembuhkan dengan beberapa bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah, seperti jahe, bawang putih, lobak, air putih, dan juga cabai rawit.”

Hidung merupakan salah satu indera pernapasan yang bisa mengalami pembengkakan. Hidung bengkak sendiri dibagi menjadi dua yakni hidung bengkak di bagian luar, dan hidung bengkak di bagian dalam.

Keduanya bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan terkadang disertai dengan rasa sakit dan nyeri. Sehingga, seringkali pula aktivitas menjadi terganggu.

Hidung bengkak di bagian luar atau eksternal, akan lebih mudah untuk dilihat penyebabnya. Sedangkan pada hidung bengkak di bagian dalam atau internal lebih sulit untuk terlihat dengan kasat mata.

Gejala yang timbul pun bisa berbeda pada tiap jenisnya. Jika hidung bengkak di daerah luar beberapa gejala yang timbul berupa rasa gatal, nyeri saat disentuh, kelonan bentuk, dan lainnya. Sedangkan gejala hidung bengkak di dalam seperti hidung tersumbat, meler, sulit bernapas lewat hidung, penurunan fungsi indera pernapasan, dan juga nyeri di sekitar dahi, mata, pipi, atau hidung.

Ada pula gejala umum yang sama-sama terjadi pada kedua jenis, meliputi kemerahan dan hangat di area sekitar hidung bengkak.

Penyembuhan hidung bengkak dengan bahan alami

Perlu Anda ketahui bahwa hidung bengkak tidak memiliki cara penanganan yang spesifik karena pada umumnya hidung bengkak merupakan gejala dari penyakit lain yang mendasarinya. Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan penanganan, ada baiknya Anda mengetahui jenis penyakit yang mendasarinya terlebih dahulu.

Selain melakukan penanganan dengan pengobatan dokter, beberapa cara juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk meredakan hidung bengkak.

1.Air jahe hangat

Jahe memang diketahui memiliki beberapa khasiat sebagai antiinflamasi, antivirus, dan juga antibakteri. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan air jahe untuk meredakan gejala-gejala yang timbul.

Ketika Anda meminum air jahe hangat, maka dapat mengatasi gejala hidung tersumbat. Sedangkan bila Anda menggunakan air jahe hangat dengan cara mengompres, maka akan memberikan khasiat mengempeskan hidung bengkak.

2.Perbanyak asupan cairan

Dengan mengonsumsi air dan memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya akan membuat tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Air mineral juga bisa membantu mengencerkan lendir di rongga hidung sehingga meredakan gejala sinusitis. Dengan begitu, penyebab hidung bengkak pada sinusitis bisa teratasi.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari mengonsumsi kafein dan alkohol secara berlebihan. Sebab, kedua kandungan bisa membuat tubuh dehidrasi, bahkan alkohol bisa memperburuk pembengkakan pada sinus.

3.Bawang putih

Cara lainnya untuk mengatasi hidung bengkak adalah dengan menghirup uang bawang putih. Dengan adanya senyawa allicin di dalam bawang putih, membuatnya mampu melawan infeksi sementara pada penyebab hidung bengkak.

Cukup degan merebus bawang putih yang sudah digeprek lalu menghirup uap yang muncul akan membantu Anda untuk mengencerkan lendir dan mengatasi hidung tersumbat.

4.Mengonsumsi cabai rawit

Kandungan capsaicin yang ada di dalam cabai bisa membantu Anda mengencerkan lendir ingus yang tersumbat. Hal ini dikuatkan dengan adanya jurnal Allergy, Asthma & Immunology yang ditulis pada 2011 lalu. Hasil jurnal ini mengatakan bahwa efek perdas cabai bisa membersihkan lendir di hidung yang menjadi penyebab hidung tersumbat dan juga hiidung bengkak.

Meskipun demikian, mengonsumsi cabai dalam jumlah berlebihan juga tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan efek samping lain, yaitu masalah pencernaan.

5.Lobak 

Lobak atau horseradish memang sudah lama digunakan sebagai obat rumahan alami untuk mengatasi hidung tersumbat karena membersihkan sinus dari lendir, serta meringankan hidung yang bengkak.

Khasiat tersebut berasal dari kandungan allyl isothiocyanate, yakni minyak yang keluar saat akar lobak dipotong. Minyak tersebut diyakini memiliki sifat antibakteri yang kuat. Menurut jurnal Molecular Nutrition & Food di tahun 2011, sifat antibakteri pada minyak akar lobak tidak hanya membunuh bakteri, tetapi juga bisa menjadi enzim pengikat yang mencegah bertumbuhnya sel bakteri. Meskipun, mekanisme tersebut belum dipahami dengan baik.

Jadi, itulah beberapa bahan alami yang bisa dijadikan cara sederhana untuk meringankan gejala yang timbul. Bila gejala-gejala penyakit teratasi, maka hidung bengkak pun akan teratasi dengan sendirinya pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *