RS Dinda Memiliki Pelayanan Fisioterapi, Apa Fisioterapi Tersebut ? 

RS Dinda merupakan RS yang berada di Cibodas, Tangerang. RS ini memiliki beragam jenis pelayanan kesehatan. Berbagai fasilitas pun tersedia di rumah sakit ini, seperti apotek, radiologi, pemeriksaan IVA, vaksinasi, senam hamil, laboratorium, hemodialis, serta UGD. Selain itu ada penambahan pelayanan penunjang yang baru dikeluarkan pada 2017. Pelayanan penunjang untuk pelayanan kesehatan umum dengan standar pelayanan yang dibuat oleh Departemen Kesehatan, yaitu Hemodialis, dan Fisioterapi. 

Pertanyaan umum untuk orang yang belum pernah mengunjungi fisioterapis adalah pertanyaan yang sangat mendasar tentang “Apa itu Fisioterapi?”. Profesi ini dilakukan dengan pendekatan yang holisitik dalam pengobatan, melihat dari gaya hidup pasien, serta melibatkan mereka dalam perawatannya sendiri. 

Salah satu alasan utama mengapa orang mencari fisioterapi adalah untuk menemukan kelegaan yang bertahan lama dari rasa sakit yang mungkin mengganggu mereka untuk jangka waktu yang lama dan membatasi mobilitas mereka karena sejumlah faktor. Apakah rasa sakit atau ketidaknyamanan disebabkan oleh cedera, bahu kaku, postur tubuh yang salah, atau faktor eksternal lainnya; fisioterapi tidak hanya membantu dalam pengelolaan rasa sakit & meningkatkan mobilitas tetapi juga mengenali tanda-tanda peringatan dan mencegahnya terjadi. Dengan demikian, menyelamatkan pasien dari rasa sakit tambahan akibat cedera terkait downtime.

Manfaat fisioterapi:

Fisioterapi teratur dapat memberikan bantuan kepada orang-orang dari segala usia yang menderita berbagai penyakit, cedera atau gangguan. Dengan bantuan fisioterapi berkualitas tinggi, Anda dapat memulihkan kondisi fisik dan tingkat kebugaran sebelum sakit dan menjalani hidup yang lebih aktif dan sehat. Beberapa manfaat fisioterapi yang paling terkenal meliputi:

Pereda nyeri yang langgeng: Berbagai rasa sakit dan nyeri di tubuh dapat disebabkan oleh sejumlah alasan. Baik itu cedera pergelangan kaki saat bermain bola basket atau nyeri punggung bawah kronis karena duduk berjam-jam di tempat kerja; jika rasa sakit itu mempengaruhi rutinitas dan aktivitas sehari-hari Anda, itu pasti membutuhkan perhatian segera. Sesi fisioterapi teratur tidak hanya membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada obat penghilang rasa sakit yang bisa mahal atau terbukti berbahaya dalam jangka panjang.

Pencegahan dari operasi: Meskipun operasi mungkin tidak dapat dihindari dalam kasus-kasus tertentu, fisioterapi dapat membantu menghilangkan kebutuhan untuk melakukan operasi bedah, sepenuhnya. Menggunakan berbagai perawatan yang mencakup kombinasi latihan dan terapi, ini membantu menghilangkan rasa sakit dari akarnya, menyembuhkan jaringan yang terluka dan memfasilitasi mobilitas tanpa rasa sakit & mulus selama periode waktu tertentu. Jika Anda telah menjalani operasi, fisioterapi dapat membantu Anda pulih dan pulih lebih cepat.

Peningkatan mobilitas & keseimbangan: Orang yang baru pulih dari operasi atau cedera, dapat membutuhkan waktu untuk bangkit kembali. Mobilitas bisa menjadi tantangan dan melakukan tugas sehari-hari bisa menjadi tugas yang mustahil. Dalam kasus seperti itu, fisioterapi dapat terbukti sangat membantu. Ini tidak hanya membantu tubuh mendapatkan kembali kekuatan otot yang hilang dan meningkatkan koordinasi tetapi juga meningkatkan mobilitas untuk bergerak dengan aman.

Kelola masalah terkait usia: Seiring bertambahnya usia, orang cenderung mengalami komplikasi terkait tulang, sendi, atau otot seperti osteoporosis dan radang sendi. Untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri sehari-hari ini, fisioterapi teratur terbukti bermanfaat. Ini juga dapat dipilih jika seseorang telah menjalani operasi penggantian lutut atau pinggul dan ingin mengurangi rasa sakit dan pulih lebih cepat.

Hindari ketergantungan pada obat-obatan: Meskipun obat penghilang rasa sakit dapat memberikan bantuan instan dari rasa sakit, tetapi efeknya pada ginjal dan hati Anda bisa berakibat fatal dalam jangka panjang. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah nyeri jangka panjang, fisioterapi dianggap sebagai alternatif yang aman dan lebih efektif untuk pengobatan kontrol nyeri.

Pasien dapat dirujuk atau mencari bantuan dari fisioterapis untuk berbagai masalah kesehatan dan menerima bantuan pengobatan di RS Dinda .

Fisioterapis menawarkan perawatan yang berkaitan dengan kondisi berikut:

  • Kardiorespirasi: memberikan dukungan, pencegahan dan rehabilitasi bagi orang yang menderita penyakit dan cedera yang mempengaruhi jantung dan paru-paru, seperti asma.
  • Kanker, perawatan paliatif dan limfedema: mengobati, mengelola atau mencegah kelelahan, nyeri, kekakuan otot dan sendi, dan dekondisi.
  • Inkontinensia: mengelola dan mencegah inkontinensia dan disfungsi dasar panggul.
  • Masalah kesehatan wanita: mengatasi masalah kesehatan seputar kehamilan, kelahiran, perawatan pascapersalinan, menyusui, menopause, mengompol, prolaps, kehilangan kontrol kandung kemih atau usus.
  • Muskuloskeletal: mencegah dan mengobati klien dengan kondisi muskuloskeletal seperti nyeri leher dan punggung.
  • Neurologis: meningkatkan pergerakan dan kualitas hidup pada pasien yang mengalami kerusakan otak atau sumsum tulang belakang yang parah akibat trauma, atau yang menderita penyakit neurologis seperti stroke, penyakit Parkinson, dan multiple sclerosis.
  • Ortopedi: membantu pasien mencegah atau mengelola kondisi ortopedi akut atau kronis seperti radang sendi dan amputasi.
  • Nyeri: mengelola atau mencegah nyeri dan dampaknya terhadap fungsi pada pasien.

Jenis Perawatan yang Digunakan dalam Fisioterapi

Terapi manual – Terapi manual adalah teknik yang digunakan oleh fisioterapis untuk memanipulasi dan memobilisasi sendi yang terkena dengan memijatnya menggunakan tangan.

Terapi stimulasi saraf listrik transkutan (TENS) – Ini adalah teknik di mana perangkat kecil yang digerakkan oleh baterai digunakan untuk mengirim arus tingkat rendah melalui elektroda yang ditempatkan di permukaan kulit. Perangkat TENS untuk sementara mengurangi rasa sakit di area yang terkena.

Mobilisasi sendi – Jenis teknik terapi manual ini digunakan di mana fisioterapis memobilisasi sendi pada kecepatan, kedalaman, dan amplitudo yang berbeda untuk mengembalikan gerakan sendi yang normal.

Peregangan dan latihan – Fisioterapis mengajarkan berbagai latihan dan teknik peregangan tubuh, yang membantu memulihkan gerakan sendi.

Rehabilitasi – Berbagai latihan penguatan, pencegahan, dan perbaikan digunakan untuk meringankan kondisi penyakit.

Program penguatan – Fisioterapis melakukan program khusus, dan mendidik pasien mereka tentang tanggung jawab pribadi untuk kesehatan dan pengkondisian fisik. Program semacam itu membantu pasien dalam meningkatkan kekuatan, keseimbangan, koordinasi, dan fleksibilitas mereka secara keseluruhan.

Hidroterapi – Hidroterapi menggunakan air untuk mengobati radang sendi. Latihan khusus dilakukan di dalam air dengan kisaran suhu 33-36 derajat Celcius di bawah bimbingan seorang fisioterapis. Ini melibatkan berbagai peregangan, aerobik, dan latihan penguatan.

Kompres panas dan dingin – , kompres dingin, semprotan nitrogen, dan teknik seperti cryotherapy dapat membebaskan pasien dari kondisi akut. Dalam kasus kondisi kronis, fisioterapis menggunakan paket panas, panas inframerah, diatermi, dan gelombang ultrasonik.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Fisioterapi, manfaat fisioterap, serta jenis perawatan dari fisioterapi yang merupakan pelayanan dari RS Dinda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *