Sarapan Sereal, Adakah Manfaatnya Untuk Tubuh?

sereal

Jam makan di pagi hari atau sarapan termasuk bagian penting dan mempengaruhi kegiatan harian Anda. Pastikan Anda selalu sarapan agar mendapat tenaga sehingga bisa fokus menjalani hari. Makan di pagi hari tentu tidak bisa sebanyak ketika Anda makan di siang hari. Selain itu, alokasi waktu sarapan pun biasanya hanya sedikit terutama bagi Anda yang buru-buru berangkat kerja. Untuk tetap bisa sarapan, pilih menu sehat dan praktis seperti sereal

Manfaat sarapan sereal

Sereal merupakan makanan yang terbuat dari ekstrusi oat bran dan corn meal. Umumnya, sereal dikonsumsi pagi hari dan dijadikan sarapan. Bahkan di beberapa negara, sereal menjadi makanan pokok. Sereal sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti bahan gandum hitam, triticale, gandum, barley, jagung, sorgum, dan millet. Tidak hanya lezat, sereal sebagai sarapan memiliki berbagai manfaat seperti: 

  • Sumber energi

Nutrisi yang terkandung dalam sereal akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Menu sarapan perlu diperhatikan sebab jika kurang nutrisi maka tubuh akan merasa lemas akibat kehabisan tenaga  dengan lebih cepat. 

  • Menambah asupan protein

Kebutuhan protein harian harus dipenuhi dan salah satu makanan yang mengandung protein adalah sereal. Protein tersebut nantinya akan digunakan tubuh untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Selain itu, pembentukan hormon dan enzim pun membutuhkan protein. 

  • Mengurangi risiko penyakit jantung   

Tubuh membutuhkan serat yang juga terdapat dalam sereal. Serat tersebut mampu membantu memperlancar pencernaan serta mengurangi risiko penyumbatan arteri jantung. Dengan mengonsumsi sereal saat sarapan maka secara tidak langsung dapat mencegah penyakit jantung pada tubuh. 

  • Kaya kandungan mineral dan vitamin

Sereal mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, magnesium, dan potasium. Mineral tersebut bermanfaat dalam membantu menghasilkan hormon, mengirimkan impuls saraf, dan menjaga detak jantung tetap stabil. Selain itu, mengonsumsi seral juga mampu menjaga tulang tetap kuat, lho!

  • Menjaga kestabilan gula darah

Kandungan serat dalam sereal juga membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Efek dari mengonsumsi sereal yaitu dapat menurunkan HbA1c, yaitu hemoglobin yang bertanggung jawab meningkatkan risiko diabetes. 

Tips meracik sereal sehat 

Meski banyak manfaatnya, Anda harus memilih sereal dengan teliti sebab jika mengonsumsi sereal tinggi gula maka akan buruk bagi tubuh. Anda juga dapat mengonsumsi sereal dengan membuat racikan yang lebih sehat dan nikmat. Berikut Ini merupakan beberapa tips untuk meracik sereal sehat. 

  • Hindari mencampurkan krim kental manis sebab kandungan gula di dalamnya sangatlah tinggi. Mengonsumsi sereal menggunakan krim kental manis malah dapat memberi efek buruk bagi tubuh Anda seperti gigi yang mudah keropos, potensi diabetes, serta menaikkan risiko penyakit jantung. 
  • Tambahkan irisan buah segar ke dalam semangkuk sereal Anda. Buah yang bisa ditambahkan tidak terbatas jenisnya dan bisa menyesuaikan selera. Beberapa jenis buah yang umumnya ditambahkan dalam sereal misalnya semua buah jenis berry, apel, anggur, dan kiwi. 
  • Pilih sereal rendah gula dan garam. Selain itu, sebelum membeli sereal pastikan untuk mengecek bahan pembuat dan campuran yang terkandung di dalamnya pada bagian ingredients di kemasan.  
  • Tambahkan madu, susu, atau yogurt agar sereal terasa lebih nikmat. Ketiga bahan tersebut sehat dan bisa ditambahkan dengan takaran yang tidak berlebihan.   

Itulah berbagai manfaat menonsumsi sereal pada pagi hari. Selain itu, Anda juga bisa mencoba meracik sereal sehat menggunakan tips yang telah diberikan. Untuk mendapatkan jenis sereal rendah gula dan garam, Anda bisa membeli secara online melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Terdapat toko sehatQ yang menjual aneka makanan sehat serta kebutuhan obat Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan konsultasi gratis dengan dokter melalui aplikasi tersebut. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store atau Google Play. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *