Teh dan Madu, Pasangan dengan Manfaat Kesehatan

Bubuhkan sedikit madu dalam teh Anda

Terdapat begitu banyak jenis teh berbeda yang bisa Anda pilih. Tapi begitu Anda sudah memilih satu atau dua jenis teh tertentu, biasanya akan sangat cocok jika digabungkan dengan madu.

Pemanis alami berwarna keemasan ini dapat meningkatkan rasa dan menambah manfaat kesehatan untuk teh favorit Anda, dan terdapat banyak jenis teh untuk dipilih yang cocok dengan madu. 

Banyak orang telah menggunakan madu selama berabad-abad, tidak hanya untuk mempermanis makanan dan minuman tetapi juga untuk khasiat obatnya. Para ilmuwan telah menyatakan bahwa madu menghasilkan efek antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, antiproliferatif, antikanker, dan antimetastatik, yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari luka bakar hingga penyakit kardiovaskular. Anda bisa menggunakan madu:

  • Untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk karena pilek, atau meredakan gejala radang tenggorokan dan flu
  • Meningkatkan kesehatan mulut
  • Mengurangi risiko penyakit jantung 
  • Jika digabungkan dengan elektrolit dalam jus lemon segar dan kafein dalam teh, berguna sebagai penambah energi alami

Ketika seseorang bertanya kepada Anda tentang pasangan yang cocok, apa nama yang muncul di benak Anda? Tambahan madu dan teh juga termasuk pasangan yang cocok untuk Anda konsumsi. Madu alami adalah sumber karbohidrat yang baik dan sebagai pemanis tanpa menambahkan pengawet apapun pada minuman Anda.

Oleh karena itu, banyak orang saat ini beralih menggunakan madu dalam teh daripada menggunakan gula sebagai pemanis. Ketika Anda menambahkan madu ke teh hijau, itu juga mengurangi efek pada kadar insulin dan glukosa Anda. Berbagai jenis madu dapat dicampur dengan berbagai jenis teh, tidak hanya untuk manfaat kesehatannya, tetapi juga untuk rasa yang lebih baik.

Secangkir teh biasanya mengandung 40mg kafein, yang jauh lebih rendah dari pada 85mg yang ditemukan dalam secangkir kopi.  Secangkir teh juga mengandung flavonoid, kelas antioksidan alami. Mereka membantu dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh Anda, yang merupakan sel-sel tubuh yang tidak stabil yang bereaksi negatif dengan molekul lain seperti DNA dan menyebabkan kerusakan pada tingkat sel.

Setiap profil rasa unik akan melengkapi jenis teh tertentu dan akan memenuhi selera Anda saat dicampur dengan yang lain, seperti madu. Namun Anda tidak akan menggabungkan teh bunga ringan dengan madu yang kaya dan menyengat. Berikut beberapa jenis teh yang cocok dicampur dengan madu:

  • Madu dan Teh Hitam

Berbagai jenis teh hitam di seluruh dunia menawarkan berbagai rasa dan manfaat kesehatan Teh Earl Grey, misalnya, memiliki rasa jeruk, karena mengandung minyak bergamot. Teh ini rasanya paling pas dipadukan dengan madu untuk memunculkan cita rasa jeruk.

Pecinta teh menganggap Rooibos sebagai minuman herbal, bukan teh asli, karena berasal dari tanaman Aspalathus linearis dan bukan Camellia sinensis tradisional. Namun Anda bisa mencampur dengan madu untuk menonjolkan rasa kayu manis dan vanila pada teh jenis ini.

  • Madu dan Teh Jasmine

Teh melati yang harum dan aromatik berasal dari bunga yang dipetik di pagi hari dengan aroma yang dalam dan harum. Teh aromatik ini cocok jika dicampur dengan madu Clover atau madu apapun.

  • Madu dan Teh Chamomile

Teh chamomile dikenal karena efeknya yang menenangkan. Anda dapat mencampur madu ringan untuk menambah cita rasa dan manfaatnya.

Karena Anda akan merebus air panas untuk teh, Anda disarankan untuk menunggu sampai air mendidih mendingin sebelum menambahkan madu untuk mempertahankan manfaat kesehatannya.

Hindari menambahkan madu saat menyeduh teh Anda, karena rasanya akan berubah selama proses seduhan dan pendinginan. Biarkan teh dingin selama beberapa saat sebelum Anda menambahkan madu untuk menciptakan rasa yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *